PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MI MIFTAHUL ULUM KRANJINGAN
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.246Keywords:
Manajemen Konflik, Disiplin GuruAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya konflik yang berkembang di sekolah MI Miftahul Ulum. Konflik merupakan sebagai suatu langkah yang diambil oleh kepala sekolah untuk mengelola konflik yang terjadi sehingga tujuan pendidikan dapat terwujud secara optimal, seperti halnya di lembaga pendidikan. Konflik tidak bisa dihindari. Konflik di MI Miftahul Ulum melibatkan antara kepala sekolah dan guru. Hal ini terjadi karena perbedaan pendapat dan disiplin guru. Metode Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam manajemen konflik untuk meningkatkan kedisplinan guru di MI Miftahul Ulum.
References
Agus Wibowo. (2019). Pendidikan Karakter, Strategi membagun Karakter Bangsa Berperadapan. Pustaka Pelajar.
Barnawi & Mohammad Arifin. (2017). Kinerja Guru Profesional. Ar-Ruzz Media.
Elizabeth & B. Hurlock. (2017). Psikologi Anak Jilid 2. Erlangga.
Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kebudayaan Indonesia. (1988). Perum Balai Pustaka.
Kompri. (2018). Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Pustaka Pelajar.
Moore. (2004). Manajemen Konflik. Erlangga.
Oteng Sutrisno. (2018). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktek Professional. Angkasa.
Saefullah. (2017). Manajemen Pendidikan Islam. Pustaka Setia.
Wahjosumidjo. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Prenada Media.
Winardi. (2013). Manajemen Konflik Guru. Prenada Media.
Wirawan. (2018). Konflik Dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Salemba Humanika.