Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo

Authors

  • Suyono Suyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhari Suhari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dwi Retnani Srinarwati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bernadetta Budi Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aldi Wahyu Saputra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Abil Wafa Almaulana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Melania Tesa Iana Maya Anugraheni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.820

Keywords:

Peluang Bisnis, Konten Kreator, Remaja Milenial, Era Digital

Abstract

Content creators appear in various digital media with a variety of works either writing, images, videos, or two combinations of material. In the digital era, which is inseparable from social media among teenagers, it provides a great opportunity for content creators to be creative by making it a business field. The purpose of community service is to motivate teenagers in Banjar Kemuning Village to create business opportunities as content creators. Methods used with lectures. The result of community service is that the training of creator business opportunities among millennial teenagers provides a way to earn income by becoming content creators on social media.

References

Ahmad, Nor Fairani, and Laily Paim. 2012. “Income Poverty Status and Well-Being of the Vulnerable Households in Malaysia: A Comparative Study.” In , 171.

Bahri, Halida, Masriadi Masriadi, Kamaruddin Kamaruddin, and Cut Andyna. 2023. “Pelatihan Konten Kreator Untuk Meningkatkan Pendapatan Generasi Milineal Di Desa Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.” Academica: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1).

Bulele, Yohana Noni. 2020. “Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok.” In , 1:565–72.

Fiandra, Yosa, Arief Budiman, and Zaini Ramdhan. 2023. “PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO KONTEN KREASI DI SOSIAL MEDIA UNTUK GURU DAN SISWA MA YUPPI SOREANG KABUPATEN BANDUNG.” DIMASTEK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi) 3 (1): 13–18.

Hermawan, Daniel. 2018. “Content Creator Dalam Kacamata Industri Kreatif: Peran Personal Branding Dalam Media Sosial.” E-Jurnal Universitas Katolik Parahyangan, no. 1: 1–12.

Ikhsanto, jurusan teknik mesin Laily Noor. 2020. Pembuatan Konten Dan Editor Bangga Surabaya “ Jamu Tradisional Empon-Empon” Di Humas Pemerintahan Kota Surabaya. Vol. 21.

Karim, Abdul. 2016. “Dakwah Melalui Media: Sebuah Tantangan Dan Peluang.” At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4 (1).

Kurnia, Novi, and Xenia Angelica Wijayanto. 2020. “Kolaborasi Sebagai Kunci: Membumikan Kompetensi Literasi Digital Japelidi.” Dalam N. Kurnia, L. Nurhajati, SI Astuti, Kolaborasi Lawan (Hoaks) COVID-19: Kampanye, Riset Dan Pengalaman Japelidi Di Tengah Pandemi. Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada.

Maharani, Putri Shamira, Hairani Lubis, and Elda Trialisa Putri. 2022. “Orientasi Masa Depan Dan Perencanaan Karir Pada Remaja Content Creator Di Samarinda.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 10 (2): 353. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.7698.

Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 (1): 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.

Octavia Isroissholikhah, Wiwin. 2022. “Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2 (1): 121–28. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.507.

Prihatiningsih, Witanti. 2017. “Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja.” Communication 8 (1): 51–65.

Purwani, Diah Ajeng. 2021. Pemberdayaan Era Digital. Bursa Ilmu.

Sari, Yulia, and Nadia Wasta Utami. 2021. “Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Tantangan Teknologi.” Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik 1 (1): 1–14.

Sukoco, Iwan, D N Fu’adah, and Zaenal Muttaqin. 2020. “Work Engagement of Millenial Generation Employees.” Jurnal Pemikiran, Penelitian Administrasi Bisnis & Kewirausahaan 5 (3): 263–81.

Sya’dian, Triadi, Muhammad Ali Mursid Alfathoni, Rinanda Purba, Giovani Giovani, and Yoanda Paimin. 2022. “Strategi Kreatif Content Creator Potensi Utama Dalam Memproduksi Video Obrolan Bisnis Dan Kewirausahaan (Obkan).” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) 2 (2): 33–40.

Wahyuningtyas, A. D., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Project Based Learning Assisted with Flashcard Media and Mathematics Problem-Solving Ability of Elementary School Students. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 5(1), 15-28.

Yulia, Irla, and Iqbal Miftakhul Mujtahid. 2023. “FENOMENA CONTENT CREATOR DI KALANGAN REMAJA CITAYAM FASHION WEEK.” Warta Dharmawangsa 17 (2): 677–90.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Suyono Suyono, Suhari Suhari, Dwi Retnani Srinarwati, Bernadetta Budi Lestari, Aldi Wahyu Saputra, Abil Wafa Almaulana, & Melania Tesa Iana Maya Anugraheni. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 161–1`67. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.820