Implementasi Strategi Instagram Marketing pada Bus Pariwisata Mustika Sriti Trans
DOI:
https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.749Keywords:
instagram marketing, pemasaran, bus pariwisata, media sosial, brand engagementAbstract
Sektor industri transportasi dan pariwisata mulai bangkit dan mengalami peningkatan signifikan, sehingga permintaan layanan bus pariwisata terus meningkat. Banyak pebisnis memanfaatkan peluang ini untuk memasuki sektor bisnis bus pariwisata, sehingga persaingan semakin ketat. Media sosial menjadi platform yang tepat sebagai media pemasaran di era ini. Strategi instagram marketing dipilih karena instagram adalah media sosial dengan keterlibatan tinggi dan paling disukai menurut survei. Program pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan brand engagement dan profit bus pariwisata Mustika Sriti Trans, sehingga dapat bertahan dalam persaingan. Selain itu, diharapkan kemampuan tim mengenai marketing turut berkembang. Metode yang digunakan meliputi observasi, implementasi, dan pembuatan modul pemasaran digital. Implementasi strategi instagram marketing ini berhasil menjangkau 19.200 akun, mendapatkan 5.573 kunjungan profil, dan meningkatkan 110% engagement.
References
Kementerian Perhubungan. Transportasi Sebagai Pendukung Sasaran Pembangunan Nasional. Jakarta: Kementerian Perhubungan RI, 2017.
Kementerian Perhubungan. Sektor Transportasi Tumbuh 21,27%: Menhub Minta Semua Pihak Jaga Momentum Pertumbuhan Positif Nasional. Jakarta: Kementerian Perhubungan RI, 2022.
Setijadi. “PDB Sektor Logistik Indonesia 2019 Tumbuh 10,51%, Proyeksi 2020 Akan Terkoreksi”. (2020).
Kementerian Keuangan. Kian Melesat di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi. Jakarta: Kementerian Keuangan RI, 2023.
Rizaty, M. “Ada 27.198 Bus AKAP dan Pariwisata di Indonesia pada 2021”. (2022)
Abu-Rumman, H., & Alhadid, A. Y. The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res, 3 (2022): 316.
Gunarto, P., Ramdan, A., dan Faizal. “Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Brand Commitment”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 15 No.1. (2020)
Chen, S., & Lin, C. “Technological Forecasting & Social Change Understanding The Effect Of Social Media Marketing Activities: The Mediation Of Social Identification, Perceived Value, And Satisfaction”. Technological Forecasting & Social Change, 140 (2019): 22–32.
Irawan, A & Hadisumarto, A. “Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram”. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, Vol 43, No.1 (2020): 44-58.
Zai & Karen. “Perancangan dan Implementasi Manajemen Digital Marketing pada Sosial Media Instagram Elegancia Patisserie”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), Vol 3, No.2 (2022)