Konservasi Nilai Kepedulian Sosial Mahasiswa melalui Program Hari untuk Negeri

Authors

  • Ngabiyanto Ngabiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Didi Pramono Universitas Negeri Semarang
  • Harto Wicaksono Universitas Negeri Semarang
  • Tutik Wijayanti Universitas Negeri Semarang
  • Noven Tresandya Universitas Negeri Semarang
  • Devia Fitri Alfiana Universitas Negeri Semarang
  • Naufal Hafiz Ikhsan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.503

Keywords:

kepedulian sosial, konservasi, mahasiswa, negeri

Abstract

Konservasi nilai kepedulian sosial salah satunya bisa ditanamkan melalui kegiatan “Hari untuk Negeri”. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengimplementasikan program bersih desa, donasi sembako, pendampingan belajar dan mengaji, pengembangan bakat dan keterampilan anak-anak, serta penanaman mangrove. Metode pelaksanaan program meliputi tahap prakegiatan, yang berisi persiapan pelaksanaan program. Tahap pertama meliputi implementasi program. Tahap kedua adalah pendampingan. Tahap ketiga monitoring dan evaluasi. Hasil dari implementasi program “Hari untuk Negeri” ini masyarakat sangat mengapresiasi pelaksanaan Program “Hari untuk Negeri” yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES. Kegiatan ini dinilai berhasil dalam meningkatkan kebersihan, semangat gotong royong, motivasi belajar siswa, dan kebersamaan masyarakat Desa Tapak. Karang taruna, pemerintah desa, dan perguruan tinggi merupakan triple helix yang bernilai strategis dalam program pemberdayaan masyarakat desa. Masyarakat berharap kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain itu, kegiatan ini dinilai efektif sebagai upaya konservasi nilai kepedulian sosial bagi mahasiswa.

 

 

References

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C.C., Wijayanti, L.M. and Putri, R.S., 2020. Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), pp.1-12.

Siahaan, M., 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Purwanto, A., 2020. Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), pp.92-100.

Herliandry, L.D., Nurhasanah, N., Suban, M.E. and Kuswanto, H., 2020. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), pp.65-70.

Aji, R.H.S., 2020. Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 5, pp.395-402.

https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/01/05/belajar-daring-masih-jadi-pilihan/

Ruhadi, R., Pramono, D., Utomo, A. P., & Isnarto, I. (2020, January). The Conservation Values Integration Model in Scientific Approach of Civics in College. In Proceedings of the 5th International Conference on Science, Education and Technology, ISET 2019, 29th June 2019, Semarang, Central Java, Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Ngabiyanto Ngabiyanto, Didi Pramono, Harto Wicaksono, Tutik Wijayanti, Noven Tresandya, Devia Fitri Alfiana, & Naufal Hafiz Ikhsan. (2022). Konservasi Nilai Kepedulian Sosial Mahasiswa melalui Program Hari untuk Negeri. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 98–113. https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.503