Peningkatan Literasi Dan Numerasi Dengan Penerapan Cara Belajar Efektif Dan Kreatif Serta Penanaman Nilai Moral Siswa Di Smks GKPI Pematang Siantar

Authors

  • Dearlina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Wulan Sundari Siboro Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Afriany ML Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Florentina Simarmata Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Indah Tiur Marintan Hutabarat Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.464

Keywords:

Literasi, Numerasi, Siswa

Abstract

Literasi adalah seperngkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis dan berbicara yang diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Sedangkan numerasi adalah kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari hari. Sehingga, literasi dan numerasi tentu sangatlah penting untuk dibudayakan ataupun diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari terutama kalangan pelajar Indonesia yang masih sangat minim dalam literasi dan numerasi kurangnya minat baca siswa merupakan akar dari permasalahan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

 Maka program pengabdian kepada mayarakat yang diadakan oleh Universitas HKBP Nommensen Medan Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan oleh kelompok penulis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dan mengembangkan budaya literasi di lingkungan sekolah SMKS GKPI 1 Pematang Siantar. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan penyuluhan dan pembelajaran guna meningkatkan budaya literasi dan numerasi pada kelas sepuluh semua jurusan disekolah SMKS GKPI 1 Pematang Siantar.program pengabdian ini juga berkolaborasi dengan sekolah dengan mendirikan pojok baca dilingkungan sekolah yang bisa dikinjungi pada waktu istirahat. Pihak sekolah memfasilitasi buku bacaan dan  tempat untuk mendirikan pojok baca, lalu para peserta pengebdian kepada masyarakat merancang dan mendirikan pojok baca tersebut.

 Program mengajar literasi kekelas hanya dilakukan untuk kelas sepuluh tetapi, pojok terbuka untuk kelas sepuluh sampai kelas duabelas. Peserta pkm juga melakukan lomba baca literasi bagi siswa yang paling sering membaca dipojok baca dan peserta juga memberikan perankingan dan memberi hadiah.

Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan kualitas literasi dan numerasi serta penanaman moral dilingkungan sekolah SMKS GKPI 1 Pematang Siantar dan juga untuk memenuhi kegiatan pengabdian masyarakat Universitas HKBP Nommensen Medan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  yang dilaksanakan mulai tanggal 6 februari sampai 25 februari.

References

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Dearlina Sinaga, Wulan Sundari Siboro, Afriany ML Sihombing, Florentina Simarmata, & Indah Tiur Marintan Hutabarat. (2023). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Dengan Penerapan Cara Belajar Efektif Dan Kreatif Serta Penanaman Nilai Moral Siswa Di Smks GKPI Pematang Siantar. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 60–65. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.464