Implementasi Product Marketing dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Ronaldo Fransiskus Universitas Sumatera Utara
  • Juli Friska Universitas Sumatera Utara
  • Riki Thomas Universitas Sumatera Utara
  • Rosari Serena Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.463

Keywords:

Product Branding, Digital Marketing, Sosialisasi Program Bantuan Pemerintah untuk UMKM, Strategi Pemasaran UMKM

Abstract

Salah satu sektor yang berperan dalam proses pemulihan ekonomi nasional adalah sektor UMKM. Sektor ini terbukti telah memberikan kontribusi kepada PDB Indonesia tahun 2022 sebesar 61%. Besarnya kontribusi sektor ini menjadi perhatian bagi pemerintah untuk semakin mengembangkan sektor UMKM. Namun demikian, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi untuk mengembangkan sektor UMKM. Mayoritas permasalahan tersebut adalah kurangnya pengetahuan dan pemanfaatan pemasaran melalui media digital dan membuat product branding serta adanya keterbatasan dana untuk mengembangkan usaha. Sektor UMKM belum memanfaatkan pemasaran secara digital secara optimal sehingga pemasaran produk lebih banyak dilakukan secara konvensional. Hal tersebut tidak terlepas dari keterbatasan pengetahuan pelaku usaha UMKM untuk menggunakan teknik pemasaran secara digital. Pemasaran secara digital baik melalui media sosial, website, maupun melalui e-commerce dapat mendorong produk UMKM lebih dikenal (product branding) dan juga meningkatkan penjualan produk. Sedangkan untuk permasalahan terkait keterbatasan dana, pemerintah telah melaksanakan beberapa program dalam rangka membantu pelaku usaha UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan dana melalui LPDB KUKM, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan Program Banpres produktif untuk usaha mikro. Terkait program bantuan ini, masih banyak pelaku UMKM yang tidak mendapatkan informasi dan tidak mengetahui cara pengurusannya. Untuk itu, mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan “Kegiatan Pendampingan UMKM dalam rangka Product Branding dan Penerapan Teknik Marketing melalui Media Sosial serta memberikan sosialisasi program bantuan pemerintah untuk UMKM yakni Kredit Usaha Rakyat” sebagai salah satu andil bagi pengembangan kemajuan UMKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada salah satu UMKM di Kabupaten Deli Serdang yakni Usaha Kue Annisa. Secara umum, kegiatan ini terdiri dari: 1. Brainstorming kepada pelaku usaha UMKM tentang pentingnya product branding dan manfaat pemasaran secara digital, 2. Penerapan product branding dan pemasaran secara digital, 3. Sosialisasi program bantuan dana pemerintah dan pendaftaran UMKM pada Kabupaten Deli Serdang. Atas kegiatan brainstorming terkait product branding dan pemasaran digital, pelaku usaha UMKM antusias untuk menerapkannya sehingga kegiatan dilanjutkan dengan penerapan product branding dan pemasaran secara digital. Beberapa kegiatan yang telah diterapkan adalah pembuatan logo usaha, sticker dan banner usaha kue Annisa, pembuatan akun Instagram untuk promosi produk dan editing foto jenis-jenis produk yang dihasilkan serta mendorong UMKM Usaha Kue Annisa untuk mendaftarkan usahanya pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Deli Serdang.

Author Biographies

Ronaldo Fransiskus, Universitas Sumatera Utara

Ilmu Manajemen

Juli Friska, Universitas Sumatera Utara

Ilmu Manajemen

Riki Thomas, Universitas Sumatera Utara

Ilmu Manajemen

Rosari Serena, Universitas Sumatera Utara

Ilmu Manajemen

References

Husaseni dan Dewi (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota Bmt Di Jawa Barat, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Suryakancana

Nursani. (2019). “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen e-commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma)”. eJurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol. 8 No. 9. Universitas Islam Malang.

Nursari, Dilla. 2010. Gambaran kejadian anemia pada remaja putri SMP Negeri 18 Kota Bogor tahun 2009. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahayu, D. P. (2016).Kajian Keberhasilan Program Pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan DirektoratSurvei dan Penyuluhan Keamanan Pangan dalam Penerapan Prinsip Keamanan Pangan. Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Fransiskus, R., Friska, J. ., Thomas, R. ., & Serena, R. . (2023). Implementasi Product Marketing dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.463