Sosialisasi Dan Pendampingan Pembuatan Perizinan Serta Strategi Pemasaran Umkm Di Desa Cibogo

Authors

  • Rati Kurniati STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Rianti Rianti STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Rohmat Nurhidayat STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Aeni Pebriani STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Kasman Eka Prasetya STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Ika Nurjanah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Sri Hayani STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Ayu Kholifah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Titing Setiasih STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Ayuni Yuliawati STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Rizal Mahmud Waspodo STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Yodi Haryadi STITNU Al-Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.461

Keywords:

UMKM, IUMK, legalitas usaha, label produk, strategi pemasaran

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam suatu usaha, pelaku usaha harus memiliki surat izin, supaya usaha yang dilakukan itu legal dan diakui oleh pemerintah, selain itu untuk mendapatkan bantuan usaha dari pemerintah juga diperlukan surat izin tersebut. Legalitas usaha ini merupakan persetujuan kegiatan usaha dari pihak berwenang yang diberikan kepada pelaku usaha. Setelah mendapatkan surat izin maka kegiatan pengabdian selanjutnya adalah memberikan label pada produk supaya produk mudah dikenal oleh masyarakat. Kegiatan terakhir dari pengabdian ini adalah sosialisasi promosi produk baik secara offline maupun online melalui media sosial atau marketplace. Respon masyarakat sangat positif, mereka antusias dalam mengikuti kegiatan ini dengan harapan mereka bisa menimba ilmu sekaligus mendapatkan surat izin usaha yang dilakukan tim pengabdi melalui pendampingan pembuatan perizinan usaha. Dengan adanya kegiatan ini akan menambah pengetahuan kepada masyarakat Desa Cibogo bahwa membuat perizinan usaha itu tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya, cukup mempersiapkan berkas atau data yang dibutuhkan untuk nantinya di upload secara online dan surat izin pun langsung bisa terbit.

References

Akhmaddhian, S. “Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Perizinan Penanaman Modal Di Daerah (Studi Kasus Di Pemerintahan Kota Bekasi).” Universitas Jendral Soedirman, 2012.

Chairunnisa, Adhila Zulfa, and Muhammad Farhan. “Pendampingan Pembuatan Legalitas Usaha Melalui Online Single Submission Pada UMKM Di Kelurahan Blitar” 01, no. 02 (2022): 231–39.

Lisyawati, E. “Pembedayaan UMKM Melalui Penguatan Legalitas Usaha Di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2022): 46–52. http://journal.unusia.ac.id/index.php/praxis/article/view/573%0Ahttp://journal.unusia.ac.id/index.php/praxis/article/download/573/311.

Mubarok, A. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Desa Bakalan Kabupaten Kediri.” Jurnal Bina Desa 3, no. 2 (2021): 102–8. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa/article/view/31806.

Puspita, Viona, and David Tan. “Pendampingan Pengajuan Perizinan Berusaha Sektor Umkm ‘ Cimami Jagonya Snack ’ Pada Lembaga Online Single Submission.” Conference on Community Engageent Project 1, no. 1 (2021): 255–62.

Simbala, E, F H Y Akib, and U Moonti. “Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Popalo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.” JAMBURA: Jurnal Ilmiah … 5, no. 2 (2022): 550–56. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/16494.

Wulandari, Serly. “Penguatan Dan Pendampingan Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Strengthening and and Medium Enterprises” 3 (2022): 65–80. https://doi.org/10.33701/cc.v2i2.2725.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Rati Kurniati, Rianti Rianti, Rohmat Nurhidayat, Aeni Pebriani, Kasman Eka Prasetya, Ika Nurjanah, … Yodi Haryadi. (2023). Sosialisasi Dan Pendampingan Pembuatan Perizinan Serta Strategi Pemasaran Umkm Di Desa Cibogo . SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.461