SOSIALISASI PENTINGNYA PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI DESA BULUSARI

Authors

  • Pebri Isnawati STKIP Darussalam Cilacap
  • Amalia Nurul Azizah STKIP Darussalam Cilacap
  • Vian Nova Erika STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i2.457

Keywords:

Sosialisasi, Parenting, Karatek Anak

Abstract

Parenting adalah pola asuh orang tua terhadap anak. Pola asuh berasal dari dua kata yaitu pertama, kata “pola” dan kedua kata “asuh”. Pola asuh dapat diartikan sebagai sistem, cara kerja atau bentuk dalam upaya menjaga, merawat, mendidik dan membimbing anak supaya dapat berdiri sendiri. Selain itu, pola asuh orang tua dapat diartikan sebagai interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Karakter diartikan sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang dapat membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan setiap akibat dari keputusannya. Dari kegiatan yang telah dilakukan yaitu "Sosialisasi Pentingnya Parenting dalam Pembentukan Karakter Anak" dapat menambah pengetahuan, meningkatkan pemahaman dan kesadaran para orang tua akan pentingnya ilmu parenting dan dampak yang di timbulkan dari kesalahan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak.

References

Azzet. (2011). Artikel Publikasi Ilmiah Praktek Pendidikan Karakter di Sekolah, Universitas Negeri Jakarta.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), hlm. 223-234.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Jalal, F. (2010). Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter: Tiga Stream Pendekatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Joseph, W. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Pedagogika

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), hlm. 280-289.

Kanisa. (1997). Artikel tentang Pendidikan Karakter di Sekolah, Makalah, Bandung Indonesia.

Kemdikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter . Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan

Kesuma, D. dkk. (2011). Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoma, D.A. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Jogjakarta: Kanisius.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Pebri Isnawati, Amalia Nurul Azizah, & Vian Nova Erika. (2022). SOSIALISASI PENTINGNYA PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI DESA BULUSARI. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 07–11. https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i2.457