Pemberdayaan Kognitif Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Sampah Anorganik Kepada Siswa SD Pondok Kasih Batam

Authors

  • Go Heeng Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Rita Evimalinda Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Ristina Pasaribu Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Sepril Oksar Saroro Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Kelfinus Daya Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Dirinus Elabi Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Susanti Pardosi Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Flora Susanti Barus Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Yeni br Tarigan Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Juni Sitompul Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Trisai Lumban Gaol Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Yohana Enggrid Siregar Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.426

Keywords:

Pelatihan, Kerajinan Tangan, siswa/i.

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan pengetahuan siswa/siswi SD Pondok Kasih Batam tentang pentingnya berkarya melalui Kerajinan Tangan sehingga menumbuhkan ide peserta didik dalam memanfaatkan sampah anorganik sebagai subjek kerajinan tangan seperti karton, kaleng dan botol minuman bekas,  menjadi tempat perlengkapan kelas seperti kotak spidol, tempat Tisu dan juga bungga hias. Tulisan ini berawal dari hasil survei Tim pada mitra kegiatan dimana ditemukan bahwa siswa/I masih minim kreativitasnya di tinjau pada setiap kelas yang masih polos tanpa hiasan atau kerajinan tangan yang terbuat dari bahan-bahan bekas.. Adapun metode yang di gunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yakni, 1) persiapan, pada tahap ini tim melihat kondisi pada mitra dan mempersiapkan tema dan seluruh rangkain kegiatan. 2) Pelatihan, Tahap ini Tim menjelaskan materi terhadap siswa/I tentang kerajian tangan dan langsung mempraktekkan semua materi yang telah di sampaikan, 3) Evaluasi, dan terakhir Tim mengukur keberhasilan kegiatan PKM ini dari awal hingga akhir. Hasil dari PKM ini ialah siswa/i memiliki pengetahuan luas tentang kerajinan tangan serta menumbuhkan ide kreativitas mereka dalam memanfaatkan sampah anorganik menjadi sebuah karya yang baru.

References

Aminudin, and Nurwati. “Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan ( ITB-AD ) Jakarta.” JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2019): 66–79. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/download/4515/2943.

Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. “Pelatihan Literasi Lingkungan Dan Pengolahan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Di SDN Krawitan Yogyakarta.” At-Thullab jurnal 4, no. 1 (2021): 373–382.

Pratikto, Herlan, Safitri Aulia Ichsani, and Kusuma Prabawati. “Edukasi Membuat Kerajinan Tangan Tempat Alat Tulis Dari Botol Bekas.” Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa 03, no. 1 (2019): 18–20.

Putra, Ino Angga, Yesika Febriani, Rifka Aulia Nur Rohmah, and Vera Fikrotin. “Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kedungotok Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2022): 86–92.

Siswa, Psikomotorik, D I Sma, and Kota Bengkulu. “KORELASI PENGETAHUAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI SMA NEGERI q KOTA BENGKULU” IX, no. 1 (2011): 67–76.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Go Heeng, Rita Evimalinda, Ristina Pasaribu, Sepril Oksar Saroro, Kelfinus Daya, Dirinus Elabi, … Yohana Enggrid Siregar. (2023). Pemberdayaan Kognitif Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Sampah Anorganik Kepada Siswa SD Pondok Kasih Batam. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.426