Edukasi Gosok Gigi Pada Murid TK Di TK Sari Asih Sumbawa Besar

Authors

  • Galuh Permatasari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Gladeva Yugi Antari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Luh Putu Sri Yuliastuti STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.424

Keywords:

Gosok Gigi, Murid TK, Sumbawa Besar.

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu faktor yang tidak hanya berpengaruh terhadap rongga mulut serta fungsi pengunyahan, namun dapat mempengaruhi kualitas hidup secara langsung. Kesehatan gigi yang dipelihara dengan baik sejak dini dapat berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan di kemudian hari. Pada anak sekolah, masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang penting karena tidak saja menyebabkan keluhan rasa sakit, tetapi juga menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya sehingga mengakibatkan menurunnya produktivitas. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan Pada Murid TK dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada siswa dan siswi TK yang ada di TK Sari Asih. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan edukasi kepada anak usia dini melalui demonstrasi. Peserta adalah siswa TK Sari Asih kelas A dan B yang memiliki usia antara 4 sampai 5 tahun. Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 30 anak dengan didampingi oleh guru yang ada di sekolah. Hasil kegiatan diketahui bahwa siswa secara keseluruhan cukup mampu menggosok gigi secara baik dan benar bila tanpa bantuan orang dewasa Peran aktif orang tua dan guru baik dirumah maupun disekolah sangat penting untuk mendukung hal tersebut.

References

Organization, W. H. (2018). Noncommunicable diseases country profiles 2018.

Ningsih, Susan Utari; Tuti Restuari; dan Rita E. (2016). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Menyikat Gigi pada Siswa Siswi dalam Mencegah Karies di SDN 005 Bukit Kapur Dumai. Jom FK No 3(2),1- 11.

Nugraha, MS. Perancangan Kampanye Perawatan Gigi. 2010. JBPTUNIKOMPP

Nurfifah. (2013). Hubungan Perilaku Pencegahan Karies Gigi dan Kejadian Karies Gigi Pada Anak di Dusun Sumberpanjang Desa Lopang Keecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Stikes Muhammadiyah Lamongan.

Ramadhan, (2010). Serba Serbi Kesehatan Gigi dan Mulut. Bukune. Jakarta.

Riyanti E. (2005) Pengenalan dan Perawatan Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini. Jurnal Kedokteran Gigi Anak ( diakses 27 November 2019).

Worotitjan, I., Mintjelungan, C., & Gunawan, P. (2013). Pengalaman karies gigi serta pola makan dan minum pada anak sekolah dasar di Desa Kiawa Kecamatan Kawang koan Utara. Jurnal e-GiGi (eG), 1(1), 59-68. Diperoleh tanggal 12 maret 2018 dari http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/egig i/article.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Galuh Permatasari, Gladeva Yugi Antari, & Luh Putu Sri Yuliastuti. (2023). Edukasi Gosok Gigi Pada Murid TK Di TK Sari Asih Sumbawa Besar. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.424