Pembuatan Ruang Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca siswa SDN Garon

Authors

  • Putri Kartika Sari Universitas PGRI Madiun
  • Estuning Dewi Hapsari Universitas PGRI Madiun
  • Risvya Faiz Nabila Universitas PGRI Madiun
  • Kharisma Nur Septiani Universitas PGRI Madiun
  • Bagus Dwi Nurcahyo Universitas PGRI Madiun
  • Ahmad Thoha Firdausy Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.412

Keywords:

Ruang Literasi, Minat Baca, Sekolah Dasar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di sekolah dalam kegiatan pengabdian ini ialah terdapat beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca. Siswa kurang berminat dalam membaca di perpustakaan. Kondisi perpustakaan yang kurang menarik juga dapat menyebabkan siswa merasa bosan ketika terlalu lama membaca di perpustakaan. Perlu adanya inovasi dalam ruang perpustakaan sekolah. Tahapan kegiatan terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan, tim kelompok 6 KKN-T melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan mempersiapkan desain ruang literasi. Tahap implementasi merupakan tahap merealisasikan desain yang telah dirancang dan disetujui oleh pihak sekolah. Tahap yang terakhir yaitu tahap evaluasi, tahap ini berisi tanggapan dari pihak sekolah dan siswa terkait program dari kelompok 6 KKN-T yaitu “Ruang Literasi”. Adanya ruang literasi di SDN Garon diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa dalam membaca.

 

 

References

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). PENGARUH PROGRAM POJOK LITERASI TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA PGSD FKIP UIR (Vol. 4, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70-76.

Hartati, T. (2017). Multimedia in Literacy Development At Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). Edutech, 15, 301–310.

Prihartanta, W. (2015). Perpustakaan Sekolah. Jurnal Abadiya, 1(81), 1-14.

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842

Superman., Purmintasari, D. Y., Agustina, R. (2019). Penguatan Literasi Sekolah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 230-240.

Teguh, Mulyo. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 18-26.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Putri Kartika Sari, Estuning Dewi Hapsari, Risvya Faiz Nabila, Kharisma Nur Septiani, Bagus Dwi Nurcahyo, & Ahmad Thoha Firdausy. (2023). Pembuatan Ruang Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca siswa SDN Garon. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 01–06. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i1.412