Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Pembuatan QRIS dan Google Maps pada UMKM Desa Telaga Jernih Kabupaten Langkat

Authors

  • Ihsan Rahmadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Nabil Alifah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syazwina Dinda Damara Rais Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Amanda Fadila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M Amar Adly Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i4.3302

Keywords:

Community Service, Google Maps, Payment, QRIS, UMKM

Abstract

Activities Kuliah Kerja Nyata (KKN) in Telaga Jernih Village, Secanggang District, Langkat Regency, focused on empowering Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) through digital technology. UMKM play a crucial role in driving local economic growth, yet many remain limited in implementing digital strategies. Therefore, outreach was conducted on the use of the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) as a means of cashless transactions and the use of Google Maps as a business promotion medium. The implementation method involved initial observation to identify needs, followed by door-to-door outreach to UMKM. The results showed that UMKM responded positively to the information provided. They understood that the use of QRIS could facilitate more practical, secure, and transparent transactions, as well as assist with business financial management. Meanwhile, the use of Google Maps was deemed effective in increasing business visibility, expanding market reach, and building consumer trust through address features, photos, and customer reviews. The implementation of the activities ran smoothly without significant obstacles, supported by adequate devices and internet access. Overall, this KKN activity succeeded in increasing the knowledge and awareness of UMKM actors regarding the importance of business digitalization, so it is hoped that it can strengthen competitiveness and support local economic growth in Telaga Jernih Village.

References

Agung, L., Nuraini, L., Pramesti, V. C., Jiwandaru, I., Jannah, I. R., Aliansyah, I. D., et al. (2024). Implementasi pembayaran digital QRIS untuk meningkatkan aksesibilitas transaksi UMKM di Banyuanyar. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(11), 1980-1984. https://doi.org/10.59837/ta64db21

Annisa, N. N., Irwanah, L., Rosa, N. I., Nasution, C. D., Ranggika, R., & Karimah, S. A. (2024). Implementasi QRIS metode pembayaran digital pada kualitas peningkatan di masyarakat Desa Rancabungur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 97-104. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.749

Azzahroo, R. A., & Estiningrum, S. D. (2021). Preferensi mahasiswa dalam menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai teknologi pembayaran. Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 10. https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.2800

Dwiyanto, S., Juniarti, A. D., Ruhiawati, I. Y., Rosdiyanti, T., & Krisnaningsih, E. (2024). Peningkatan ekonomi dan produktivitas pelaku UMKM melalui pelatihan pembuatan QRIS. Suluh: Jurnal Abdimas, 6(1), 1-14. https://doi.org/10.35814/suluh.v6i1.5862

Firdaus, H., Buono, A., & Syarief, R. (2025). Strategi UMKM dalam mendorong masyarakat untuk menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital di Kota Bogor. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 20(1), 7-15. https://doi.org/10.29244/mikm.20.1.7-15

Fujiono, Wibowo, S., Andriani, D., & Susanto, A. (2024). Pemanfaatan Google Maps sebagai bentuk digitalisasi pemasaran produk UMKM di Desa Bunder. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 11(2), 89-93.

Hakim, M. I. L., Wardani, S. K., Pratama, A. R., & Sari, N. P. (2025). Implementasi strategi pemasaran digital melalui optimalisasi Google Maps untuk meningkatkan visibilitas UMKM Laksa Mamak Kembar. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 4(1), 45-58.

Halizah, S. N., Darmawan, D., & Nuraini, R. (2025). Pemanfaatan aplikasi Google Maps sebagai bentuk digitalisasi pemasaran pada UMKM Warkop di Desa Pepelegi Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Digital, 3(2), 112-125. https://doi.org/10.62951/panggungkebaikan.v2i2.1405

Pratiwi, R., Sari, D. M., & Rahman, A. (2024). Dinamika implementasi QRIS: Meninjau peluang dan tantangan bagi UMKM Indonesia. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 8(3), 201-210. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.2967

Rimadias, S., Cahyandito, K. Y., Hibatillah, R., Giovano, G., Ferdinand, D., Lui, Y. S., et al. (2023). Pendampingan pembuatan media QRIS dan Google Maps pada UMKM. Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68-75.

Sabrina, N. N., & Malau, N. H. (2024). Penerapan QRIS sebagai alat pembayaran digital terhadap sektor UMKM. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(11), 156-168.

Simanjuntak, G. Y., Aisyah, S., & Rizqi, A. (2024). Pendampingan GMAPS dan QRIS sebagai media digitalisasi UMKM Desa Tempurejo Kabupaten Jember. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 193-202.

Suryadi, E., Wulandari, P., & Hidayat, T. (2023). Pendampingan pemanfaatan Google Maps dan WhatsApp Bisnis sebagai media digital marketing bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 234-241. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139

Suryanti, A'in, C., Rudiyanti, S., & Falah, W. A. (2022). Pengembangan UMKM di Kelurahan Mangunharjo, Tugu, Semarang berbasis digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 5341-5347. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i6.3957

Utami, F. D., Kurniawan, A., & Suharto, R. (2025). Peran Google Maps dalam meningkatkan visibilitas UMKM: Analisis implementasi pada usaha kuliner lokal. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 37-41.

Downloads

Published

2025-10-07

How to Cite

Ihsan Rahmadi, Muhammad Nabil Alifah, Syazwina Dinda Damara Rais, Putri Amanda Fadila, & M Amar Adly. (2025). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Pembuatan QRIS dan Google Maps pada UMKM Desa Telaga Jernih Kabupaten Langkat. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(4), 75–83. https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i4.3302