Komunikasi Transformatif dalam Pengabdian Mahasiswa UINSU: KKN 2025 di Nagori Karang Anyar

Authors

  • M. Ferdiyan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mailin Mailin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Amanda Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laili Rohimah Pangaribuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i4.3238

Keywords:

Community Empowerment, Community Service, Social Impact, Sustainable Development, Transformative Communication

Abstract

Abstrak : Pengabdian Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2025 di Nagori Karang Anyar merupakan wujud komunikasi transformatif dalam implementasi tridharma perguruan tinggi untuk mendukung pembangunan masyarakat berkelanjutan. Kegiatan ini melibatkan 30 mahasiswa lintas fakultas dengan tema “Dari Desa Berbasis Digital ke Negeri Berbudaya Hijau”. Program KKN difokuskan pada pemberdayaan sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan melalui berbagai inisiatif, seperti Desa Hijau Mandiri (penghijauan dan estetika lingkungan), Pojok Literasi Desa (peningkatan budaya baca), Maghrib Mengaji (penguatan spiritual), serta Rumah Cerdas (bimbingan belajar). Selain itu, program Masjidku Berseri, Sahabat Tanpa Bully, Workshop Digital UMKM, Bank Sampah, Senam Ceria, serta Festival Kemerdekaan RI ke-80 memperkuat keterlibatan aktif masyarakat. Mahasiswa berperan sebagai fasilitator yang menjembatani ilmu pengetahuan dengan kebutuhan lokal, sekaligus agen perubahan yang mendorong kolaborasi harmonis antara dunia akademik dan masyarakat. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kesadaran warga terhadap pentingnya pendidikan, kesehatan, religiusitas, kebersihan lingkungan, serta kemandirian ekonomi. Dengan demikian, KKN UINSU 2025 tidak hanya memberikan dampak jangka pendek, tetapi juga menanamkan nilai keberlanjutan yang mampu diwariskan dan dikembangkan oleh masyarakat Nagori Karang Anyar

References

Amalia, R., & Pratama, H. (2023). Peran Mahasiswa dalam Penguatan Kesehatan Masyarakat melalui Program KKN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 155-166.

Fauzi, A., & Rahman, M. (2024). Implementasi Nilai Keberlanjutan dalam Kuliah Kerja Nyata: Studi Kasus Desa Berdaya. Jurnal Pembangunan Berkelanjutan, 9(1), 45-59.

Fitriani, D., & Maulana, I. (2023). Dimensi Sosial dan Kesehatan dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Kesehatan & Sosial, 5(3), 210-222.

Hidayat, A., & Nasution, S. (2022). Penguatan Karakter Mahasiswa melalui Interaksi Sosial dalam Program KKN. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(4), 300-312.

Kurniawan, T., & Dewi, R. (2021). Digitalisasi Desa sebagai Strategi Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 12(2), 90-105.

Lestari, Y., & Putri, A. (2020). Pemberdayaan UMKM Berbasis Teknologi Digital pada Program KKN. Jurnal Inovasi Ekonomi, 4(3), 188-197.

Maulana, Z., & Fadhilah, S. (2022). Pengembangan Literasi Masyarakat Melalui Pojok Baca Desa. Jurnal Literasi dan Pendidikan, 8(2), 123-135.

Nugroho, B., & Lestari, F. (2022). Penguatan Pendidikan dan Karakter Masyarakat Melalui Program KKN. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 10(1), 55-70. https://doi.org/10.20961/basastra.v10i1.55542

Pratama, G., & Wulandari, N. (2024). KKN dan Pembangunan Berkelanjutan: Pemberdayaan Ekonomi Lokal Desa. Jurnal Ekonomi Hijau, 11(1), 101-115.

Pratiwi, S., & Handayani, T. (2021). Ketidaksetaraan Gender dalam Praktik Ketenagakerjaan di Indonesia. Jurnal Hukum dan Gender, 5(2), 140-153.

Putra, R., & Siregar, J. (2021). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Program KKN. Jurnal Pengabdian Umat, 6(1), 34-47.

Rahmadani, A., & Setiawan, B. (2021). Kuliah Kerja Nyata sebagai Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 14(2), 88-99.

Ramadhani, F., & Yusuf, H. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Kegiatan KKN Kolaboratif. Jurnal Sosial Humaniora, 8(3), 200-214.

Rasyid, M., & Syafitri, D. (2023). Bank Sampah sebagai Inovasi Ekonomi Sirkular Desa. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 7(1), 67-78.

Siregar, L., & Hutapea, M. (2022). Maghrib Mengaji sebagai Upaya Revitalisasi Nilai Religius di Desa. Jurnal Keagamaan dan Sosial, 9(4), 255-268.

Suryani, I., & Abdullah, F. (2020). Konsep Pengabdian Masyarakat dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 5(2), 76-89.

Suryani, R., & Harahap, A. (2020). KKN sebagai Wahana Sinergi Akademisi dan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Bangsa, 3(2), 112-124.

Utami, N., & Prabowo, A. (2021). Workshop Digital sebagai Strategi Peningkatan Kapasitas UMKM Desa. Jurnal Ekonomi Kreatif, 6(2), 177-189.

Wahyuni, S., & Fitrah, M. (2023). Program Lingkungan Berbasis Partisipasi dalam Kegiatan KKN. Jurnal Ekologi Masyarakat, 4(1), 99-110.

Yuliani, T., & Arifin, R. (2022). Rumah Cerdas Desa: Inovasi Pendidikan Nonformal untuk Anak. Jurnal Pendidikan Alternatif, 7(2), 145-157.

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

M. Ferdiyan, Mailin Mailin, Rizki Amanda Harahap, Siti Khairani, & Laili Rohimah Pangaribuan. (2025). Komunikasi Transformatif dalam Pengabdian Mahasiswa UINSU: KKN 2025 di Nagori Karang Anyar. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(4), 32–66. https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i4.3238