Workshop Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Anggota Pokdarwis Srikandi Semarang Melalui Bimbingan Teknis Pelayanan Prima dan Teknik Kepemanduan Wisata
DOI:
https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.274Keywords:
Peningkatan, Kapasitas, KapabilitasAbstract
Peran Pokdarwis dalam melaksanakan pengembangan suatu wilayah dianggap strategis dalam membangun pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Pokdarwis Srikandi yang berkedudukan di Kawasan Kelurahan Tinjomoyo Semarang di diharapkan dapat mengembangkan potensi wilayahnya menjadi kegiatan usaha wisata yang dapat menghidupkan
perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. Dengan rata-rata pengurus dan anggota yang berlatar pendidikan pendidikan berbeda beda maka pihak pengurus pokdarwis harus bekerja keras untuk terus membekali dan meningkatkan kemampuan anggotanya khususnya pada pelayanan pariwisata karena merekalah ujung tombak pokdarwis dalam memberikan pelayanan terhadap tamu atau wisatawan yang datang.
Pembekalan dan peningkatan kemampuan yang sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) mutlak harus diberikan meliputi Knowledge, Skill, dan Attitude.Serta diberikan Pengetahuan mengenai dasar-dasar pelayanan prima dan kepemanduan wisata.
Workshop Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Anggota Pokdarwis Srikandi Semarang Melalui Bimbingan Teknis Pelayanan Prima dan Teknik Kepemanduan Wisata yang telah dilaksanakan, partisipasi peserta (khalayak sasaran) menyatakan puas dan antusias. Peserta(khalayak sasaran) juga berharap di tahun berikutnya akan ada kegiatan berkelanjutan guna menambah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap bagi para anggota.
References
Santoso,Idris dan Hendrik Johannes Nadapdap. 2019. Hubungan Fasilitas, Kualitas Pelayanan,
Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata di PT. Perkebunan Tambi,
Kabupaten Wonosobo, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian p-ISSN 0853-8395; e-ISSN2598-5922 Vol. 15, No. 2, Juni 2019
Pratama, Handika Fikri, tanpa tahun. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Terhadap Kepuasan
Pengunjung Di Objek Wisata Sejarah Benteng Marlborough Di Kota Bengkulu.
Annisa, Siti Yumma dan Rudiansyah. 2020. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan terhadap
Kepuasan Pengunjung Event Indonesia Building Technology Expo 2019 PT. Debindo
Jakarta. Jurnal Nasional Pariwisata,Volume 12, Nomor 1 ,April 2020 ISSN Cetak: 1411 –
Syarifuddin, Didin. 2015.TourismDestinationServiceQualitytoTouristSatisfaction
(EffectofServiceQualitytoTouristSatisfactionat Karang Setra Destination Bandung,
Indonesia). http://Www.Researchgate.Net/Publication/287206496
Supriadi, Bambang. 2014. Peningkatan Kemampuan Teknik Guiding Sebagai Kriteria Unjuk
Kerja Pemandu Wisata Dalam Antisipasi Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.
Seminar Pariwisata dan PembangunanEkonomiASEAN, 21 Mei 2014
Budiarsa, Made, dkk. 2018. Bentuk, Fungsi, dan Makna Pragmatik Tuturan Pemandu Wisata di Daerah Pariwisata Badung dan Denpasar, http://www.researchgate.net/publication/265360124
Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: KEP.61/MEN/III/2009 tentang SKKNI Sektor Pariwisata Bidang Pemanduan Ekowisata.