Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Mahasiswa DIII Kebidanan Institut Kesehatan Dan Bisnis St. Fatimah Mamuju

Authors

  • Ariawati Susiandari Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju
  • Dewi Parwati Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i2.209

Keywords:

Duolingo, motivasi.

Abstract

Di zaman sekarang, orang dituntut untuk bisa berbahasa asing, karena persaingan yang akan terjadi dengan sendirinya di era globalisasi ini. Pada zaman digital teknologi seperti sekarang ini, kita sebagai pendidik harus dapat mengikuti dan dapat memanfaatkan teknologi untuk mendukung kegiatan dalam bidang pendidikan. Artinya kita sebagai manusia tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Dengan perkembangan pesat teknologi seperti ini, baiknya teknologi dapat dimanfaatkan secara optiomal untuk suatu kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam dunia pendidikan teknologi sangat berguna untuk mendukung kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Teknologi yang digunakan secara bijak dapat membantu kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien, dan kreatif. Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan limngkunannya. Apabila kita kaitkan dengan mata pelajaran bahasa Inggris, peranan motivasi belajar berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran siswa. Motivasi belajar yang baik akan meningkatkan ketekunan siswa untuk mempelajari mata pelajaran bahasa Inggris dengan baik pula. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pendekatan yang dapat diberikan berupa penerapan pendekatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai aplikasi belajar Bahasa inggris tema kesehatan “Duolingo” dalam upaya meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mempelajari Bahasa ingris secara lebih mudah dan praktis.

References

Abusyairi, Khairi. (2015). Motivasi Mahasiswa dalam Memilih Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Samarinda. FENOMENA. Volume 7, No. 1

Dornyei, Z. (2001). Teaching and Researching Motivation. England. Longman.

Rahmatiah, M. (2014). Penerapan pengajaran remidial increase of learning english through application remidial, 2, 4–8.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Ariawati Susiandari, & Dewi Parwati. (2022). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Mahasiswa DIII Kebidanan Institut Kesehatan Dan Bisnis St. Fatimah Mamuju . SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 01–06. https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i2.209