Implementasi Penggunaan Katalog Untuk Strategi Pemasaran Digital Pengembangan Usaha Masyarakat Di Sektor Lahan Gambut

Authors

  • Deanisa Herawati Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dita Atasa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i4.1104

Keywords:

community groups, catalog, marketing

Abstract

Communities around peat restoration lands are still relatively low in welfare. The presence of the Badan Restorasi Gambut dan Mangrove is a new hope in empowering the businesses of the surrounding community groups. The community groups initially still used traditional marketing techniques and did not have promotional tools to introduce their business products. The limited ability to use digital technology is one of the challenges in digital marketing. Empowerment is carried out by providing assistance, especially in the field of marketing with catalogues. The community group catalogue was prepared through several stages, such as planning, data collection, product branding, product photos, catalogue design and publication. The empowerment activities were held for community business groups around BRGM peat restoration areas such as Riau, Jambi, South Sumatra, Central Kalimantan, West Kalimantan, South Kalimantan, and Papua. The purpose of making catalogues is to encourage community group businesses to be known by the wider community.

References

Agus, F. (2014). Lahan Gambut Indonesia: Pembentukan, Karakteristik, dan Potensi Mendukung Ketahanan Pangan.

Arya Abdillah, M., & Deniaty Sholihah, D. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM Guna Mendukung Tercapainya SDGS Desa Kewirausahaan Di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 25–32. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i4.191

Dewi, I. C., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh Foto Produk, Lokasi, dan Pengalaman Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen pada Khoyiir Store Tulungagung. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8).

Ferdiana Fasha, A., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Hamdani, M., & Thantawi, T. R. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Corporate Social Responsibility Pada Bprs Amanah Ummah. Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 4(1), 72–91. https://doi.org/10.30997/jn.v4i1.1145

Haq, M. Z. N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Lahan Gambut. Prosiding Seminar Nasional 2 Quo Vadis Restorasi Gambut Di Indonesia.

Kannan, P. K., & Li, H. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda.

Kurniawan, A., & Handrian, E. (2023). Pelaksanaan Program Revitalisasi Ekonomi Masyarakat Oleh Kelompok Masyarakat Tunas Gemilang Di Desa Teluk Nayang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Kemunting, 4(2).

Maimunah, S., & Fahrimal, Y. (2023). Implementasi Ekoliterasi melalui Rubrik Pojok Gambut pada Situs Berita Online Basajan.net. Jurnal Publish, 2(2), 124–259.

Masganti, Wahyunto, Dariah, A., Nurhayati, & Yusuf, R. (2014). Karakteristik dan Potensi Pemanfaatan Lahan Gambut Terdegradasi di Provinsi Riau. In Diterima 13 Mei (Issue 12).

Mundir, A. (2016). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah. Jurnal Malia, 7(1).

Muyasar, R., & Hasanudin. (2023). Pelatihan Branding dan Digital Marketing Produk Olahan Sampah Plastik UD. Aisyah Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4).

Nursya’baana, N. L., & Kristiana, N. (2023). Katalog Sebagai Media Pendukung Promosi Pawon Yu’ne Di Nganjuk Jawa Timur. In Junal Desgrafia (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/

Soniati, S., Rohima, N., & Larasanti, D. (2022). Restorasi Gambut Melalui Partisipasi Masyarakat dan Revegetasi. Prosiding Seminar Nasional 2 Quo Vadis Restorasi Gambut Di Indonesia.

Sugara, R. (2022). Sosialisasi dan Edukasi Restorasi Gambut di Kawasan Hidrologi Gambut (KHG) Pulau Bengkalis. Prosiding Seminar Nasional 2 Quo Vadis Restorasi Gambut Di Indonesia .

Syachromdhon, M. F., Shalahudin, M. I., Ramadhan, F. W., & Trianto, J. (2022). Sosialisasi Aplikasi Katalog Produk Berbasis Website Pada Pt. Ide Pratama Mandiri. In GENIEMAS: Jurnal Generasi Teknologi Melayani Masyarakat (Vol. 1).

Tantoro, S., & Yesi. (2018). Sistem Mata Pencaharian Penduduk di Lahan Gambut (Studi Terhadap Masyarakat di Kampung Penyengat, Kabupaten Siak).

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Ukm Di Indonesia.

Zagoto, Y., Yuliyati, M. T., Pambudi, R., Cikdan, M., & Mukadi. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. In Jurnal Peradaban Masyarakat (Vol. 2, Issue 1).

Zamaya, Y., Tampubolon, D., & Misdawita. (2021). Penentuan Penggunaan Lahan Gambut untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Planologi, 18(2).

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Deanisa Herawati Putri, & Dita Atasa. (2023). Implementasi Penggunaan Katalog Untuk Strategi Pemasaran Digital Pengembangan Usaha Masyarakat Di Sektor Lahan Gambut . SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 57–66. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i4.1104