Workshop Meningkatkan Kompetensi Pendidik SD Inpres Waingapu 3 Dalam Pembuatan Alat Peraga Literasi Dan Numerasi Kabupaten Sumba Timur
DOI:
https://doi.org/10.56910/safari.v3i3.856Keywords:
Workshop, Literacy and Numeracy, Teaching Aids, SD Inpes Waingapu 3Abstract
Community service activities in the form of workshops held at SD Inpres Waingapu 3 aim to increase the competence of educators in making literacy and numeracy teaching aids. In this activity, the method used is the method of presentation, question and answer and demonstration. The result of this community service activity is an increase in the competence of educators in making literacy and numeracy teaching aids. The props demonstrated are Takalintar, Ropin (Roda Pintar), Poca ( Pohon Baca), P3 ( Papan Perkalian dan Pembgaian), Papan Variabel, Stick Alphabet, KinKa (Kincir Angka), Menjodohkan Huruf, Siput ( Simetri Putar), MAPP ( Manik-Manik Penjumlahan dan Pengurangan), dan Jarimatika. The learning media produced through this service activity are expected to add to the collection of learning media that the school already has.
References
Arofah, I., & Ningsi, B. A. (2021). Pengenalan Alat Peraga Dasar Matematika Kepada Siswa Sekolah Dasar (SD). Journal of Dedicators Community, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.34001/jdc.v5i1.1187
Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913
Cindoswari, A. R., Syastra, M. T., Patli, M., Putri, D. M. I., Sosial, F. I., Humaniora, D., Teknik, F., & Komputer, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Media pada Warga Belajar PKBM Sumber Ilmu di Kota Batam. Jurna Abdi Moestopo, 03, 1–8. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.975
Danuri,P.P.(2019).ModulJarimatikaUntukKelas3SD/MI. http://repository.upy.ac.id/2923/1/MODUL-jarimatika pdf.pdf
Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., & Rahmawati, B. F. (2021). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif dalam memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 185–194. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4115
Hassan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, thuti khairani, Tahrim, T., Anwari, ahmad mufit, Rahmat, A., Masdiana, & P, made indra. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). tahta media grup.
Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Muttaqin, M. Z. (2016). Kemampuan literasi media. Journal Unair, 5(2), 13–14.
Pendidikan, P., & Madrasah, G. (2021). Penggunaan media takalintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian matematika di kelas iv min 4 batu ralang.
Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 1, 570–576.
Sdn, D., Kaman, T., Katingan, K., & Tengah, I. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MUSI PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III Improving Student’s Learning Ability By Using Musi Board Media On Multiplication And Division Materials For Class III. 10–15. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/bitnet
Vitriati. (2014). Pembelajaran Kontekstual Matematika Bermedia Manik- Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 250–259.
Yanti, D. (2019). pengaruh pembelajaran papan variabel terhadap minat belajar matematika siswa kelas sekolah menengah pertama negri 25 kabupaten tebo. universitas islam negri sultan thaha saifuddin.
Yunniartien, E. (2017). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Segitiga Kelas IV SDN 1 Dasan Tereng Tahun 2017 Jurnal Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Sarjana ( S1 ) Pendidikan Guru. Skripsi.
https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/submissions#submissions