Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Tiktok Pada Produk Sepatu Kulit Provillo

Authors

  • Silviana Rahmawati UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Wiwik Handayani UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.751

Keywords:

Strategi Pemasaran, Media Sosial, Konten Digital, Promosi

Abstract

Perkembangan teknologi sangat besar dan berlangsung sangat cepat. Selain itu perkembangan pada industri kreatif menciptakan lapangan kerja baru dan pertumbuhan ekonomi. Ada banyak manfaat yang dirasakan seperti inovasi yang lebih cepat dan orang-orang perlu menjadi kreatif (Handayani et al, 2023). Terutama ketika adanya pandemi COVID-19 yang memaksa semua orang berada di rumah yang akhirnya menuntut untuk menggunakan teknologi digital dalam menyelesaikan pekerjaannya. Globalisasi juga telah merubah penggunaan media sosial menjadi strategi pemasaran. Perubahan yang terjadi juga dirasakan oleh pelaku UMKM CV Provillo yang merupakan mitra proyek pengabdian masyarakat ini. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mendukung CV Provillo dalam mewujudkan potensi pemasaran digital dengan mempromosikan produk di media sosial melalui pembuatan konten digital. Metode yang digunakan yaitu dengan diskusi bersama pemilik CV Provillo untuk memecahkan masalah bersama. Hasil yang diperoleh yaitu akun media sosial provillo dan konten digital. Strategi pemasaran yang tepat dan berkualitas akan berdampak positif pada peningkatan penjualan produk Provillo serta kesadaran merek. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah konten digital yang menarik serta memuat tujuan konten yang jelas dan mudah dipahami oleh konsumen. Pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.

References

Alma, Buchari. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta. 2013.

Bayu, dkk. “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19” (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Jurnal Pariwisata Dan Budaya. Volume 12 Nomor 1. Maret 2021 .

Garaika, Winda Feriyan. “PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP TERHADAP ANIMO CALON MAHASISWA BARU DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA ”. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. Volume 16 Nomor 1, Hal. 21-27. Juni 2018.

Hamdani.“Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat”. Jakarta: Uwais Penerbit Indonesia. 2020.

Prima Togi. “Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19”. Jurnal Kajian Komunikasi. Volume 4 Nomor 1 Hal 59-72 . April 2020.

Rianto Dedi. “Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E- Marketing”. Universitas Presiden, Cikarang , Universitas Bina Darma,Palembang. 2017.

Sri dewi Setiawati, Diny Fitriawati, M. R. Dan I. R. Y. “Pesan Pemasaran Senjata Untuk Membangun Digital Marketing”. Syntax Literate, 8(2). 2019.

Winasih, SSY., Handayani, W., Fitriah, Z. "Mewujudkan Industri Kreatif Melalui Tambalan Menggunakan Teknik Sospeso". Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat , 4(1), 10-17. 2023.

Zarella, D. “The social media marketing book. Sebastopol”. CA: O‟Reily Media Inc. 2010.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Silviana Rahmawati, & Wiwik Handayani. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Tiktok Pada Produk Sepatu Kulit Provillo. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 128–134. https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.751