Pembelajaran Keterampilan Membaca Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cawas Tahun Ajaran 2021/2022)

Authors

  • Anik Indarti Universitas Widya Dharma

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.495

Keywords:

pemahaman membaca, era new normal, mendongeng, pembelajaran berbasis video

Abstract

Rendahnya budaya literasi dengan kondisi pembelajaran online, pada akhirnya menghambat kreativitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman di era new normal di SMP N 3 Cawas dan mengapa pembelajaran membaca di era new normal menggunakan langkah-langkah yang dilakukan pada saat observasi di SMP N 3 Cawas. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil observasi pada guru mencapai skor 96%. Berdasarkan indikator keberhasilan belajar 75% siswa tuntas KKM, terlihat bahwa 100% (31) siswa tuntas KKM, dengan rata-rata 85,8. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis video dengan membaca menunjukkan hasil belajar siswa kelas VIII A-VIII D SMP N 3 Cawas sangat baik.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori.(2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Abdurrahmat Fathoni. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT.Rineka Cipta

Almira Amir. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma,Vol. II, No.01

Cooc, N., & Kim, J. S. (2016). “PeerInfluenceon Children’s Reading Skills: Social

Desak Ketut Sitaasih, 2020. Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, 2020 pp. 241-247

Eka Supryadi, I Nym. Jampel, Pt. Nanci Riastini. (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1492), Diakses 14 April 2022

Fieka Nurul Arifa. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis. Vol. XII, No. 7/I/Puslit/April/2020

Fitri, Agus Zaenul, dan Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Haryanti, Nik. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Gunung Samudera.

Haryanti, Nik, dan Yunis Hidayati. 2022. Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Haryanti, Nik, Muhibbudin, dan Imam Junaris. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia).” Journal of Instructional and Development Researches 2(1): 7–16.

Lee, A. 2020. Wuhan Novel Coronavirus (covid-19): Why Global Control Is Challenging? Public Health, January, 19–21. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puh e.2020.02.001

Sanafiah Faesal, 2010. Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sofyan Hadi. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 1 Nomor: 15 Bulan Mei Tahun 2017

Sutrisno Hadi, 2015. Metodologi Reserch. Yogyakarta:Andi Ofset,Edisi Refisi.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Anik Indarti. (2023). Pembelajaran Keterampilan Membaca Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cawas Tahun Ajaran 2021/2022). SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 76–90. https://doi.org/10.56910/safari.v3i2.495