Pelatihan Pembuatan Chem Lab dan Bahan Ajar Berbasis Exe.Learning bagi Guru-Guru Kimia NTT di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dewi Lestarani Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang
  • Arvinda C. Lalang Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang
  • I Gusti M.N. Budiana Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang
  • Heru Christianto Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang
  • Yosep Lawa Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang
  • Yantus A.B. Neolaka Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang
  • Johnson N. Naat Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i3.472

Keywords:

Guru kimia NTT, chem lab, exe.learning, bahan ajar, covid-19

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan di masa pandemi Covid-19 adalah kimia. Survey awal pada guru-guru kimia di NTT bahwa penggunaan sumber belajar digital dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 masih sangat rendah. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan bagi guru-guru kimia NTT dalam mendesain bahan ajar dan praktikum menggunakan teknologi IT. Metode yang dilakukan adalah pre test, pelatihan dan pendampingan pembuatan chemLab dan bahan ajar kimia berbasis exe.learning dan post test. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan platfom zoom. Berdasarkan hasil analisis pre test dan post test bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru-guru kimia dari 34,5% menjadi 96,4% untuk chem lab dan 30,6% menjadi 93,5% untuk pembuatan bahan ajar berbasis exe.learning. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah guru-guru kimia mampu mendesain praktikum menggunakan chem lab dan membuat bahan ajar kimia berbasis exe.learning.

 

 

References

Farida, I., Sunarya. R.R., Aisyah, R., Helsy, I. “Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19, KTI Masa Work From Home (WFH) Covid-19”, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020.

Seemiller, C., & Grace, M. “Generation Z goes to college”. John Wiley & Sons. (2016).

Singh, A. P., & Dangmei, J. “Understanding the Generation Z: the Future Workforce. South -Asian Journal of Multidisciplinary Studies”, (July, 2016).

Falloon, G. “From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework”. Educational Technology Research and Development, 68(5), (2020): 2449–2472.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. “WHO declares COVID-19 a pandemic”. Acta Bio-Medica: Atenei Parmensis, 91(1), (2020): 157–160.

Hakim, H. A. B. “Aplikasi Teknologi Informasi Di Perpustakaan Sekolah: Dari Otomasi Sampai Literasi Informasi”. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata. (2017).

Firman, & Rahman, S. R. “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Indonesian Journal of Educational Science, 2(2), (2020): 81–89.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Dewi Lestarani, Arvinda C. Lalang, I Gusti M.N. Budiana, Heru Christianto, Yosep Lawa, Yantus A.B. Neolaka, & Johnson N. Naat. (2022). Pelatihan Pembuatan Chem Lab dan Bahan Ajar Berbasis Exe.Learning bagi Guru-Guru Kimia NTT di Masa Pandemi Covid-19. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 152–161. https://doi.org/10.56910/safari.v2i3.472