Sosialisasi Pengunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM di Desa LOPANG, Kecamatan Kembangbahu LAMONGAN

Authors

  • Yusuf Darmawan ITB Ahmad Dahlan Lamongan
  • Isna Ayu Safitri Kusuma Dewi ITB Ahmad Dahlan Lamongan
  • Mohammad Fathoni ITB Ahmad Dahlan Lamongan
  • Ita Shobakhul Lama’ah ITB Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.468

Keywords:

UMKM, Strategi Pemasaran, WA Business

Abstract

Hampir semua UMKM yang baru merintis usahanya memiliki permasalahan tentang pemasaran dan belum memiliki strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualannya. Permasalahan yang sama pada Sebagian UMKM di desa Lopang, terkait strategi pemasaran yang belum dapat meningkatkan profit di dalam usahanya. Dalam meningkatkan proses bisnisnya diharapkan pelaku UMKM harus memiliki strategi baik terutama dalam pemasaran hasil produknya baik melalui toko fisik maupun toko online. Setiap strategi pemasaran memiliki kelebihan dan kekurangan dalam proses pengelolaannya, terutama strategi pemasaran secara online. Pelaku UMKM kesulitan dalam mengadopsi strategi pemasaran jika hanya dilakukan secara mandiri tanpa merekrut pekerja yang ahli dalam promosi produk secara online. Sehingga, pada pengabdian masyarakat ini menjadikan WA sebagai media promosi, mengingat setiap pelaku UMKM sudah familier dan mudah memahami aplikasi yang ada di WA serta sudah adanya grupgrup jualan di WA mereka, namun mereka kurang populer dengan istilah WA Business. Melihat peluang itu, kegiatan ini akan fokus untuk melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis penggunaan WA Business yang dilakukan secara praktik langsung. Hasil dari kegiatan ini, beberapa pelaku UMKM sudah memiliki WA Business dan mampu melakukan update produk dan pemasaran secara mandiri. Metode yang digunakan untuk mengetahui peningkatan pemasaran dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yaitu metode penelitian menggunakan data kuantitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Perbandingan mitra binaan yang mengikuti tutorial dan pendampingan mitra binaan sebanyak 20 orang sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan cara penggunaan aplikasi WA Business ada penurunan dari yang sebelumnya belum paham WA Business 28% menjadi 20%, ada peningkatan pemahaman yang awalnya 29% menjadi 60% dan dari tingkat tidak paham yang sebelumnya 43% terjadi penurunan sebesar 20%.

References

Han, T., & Keskin, F. (2016). Using a mobile application (WhatsApp) to reduce EFL speaking anxiety. Gist: Education and Learning Research Journal, (12), 29-50.

Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). ANALISIS PENGUNAAN WHATSAPP BUSINESS UNTUK MENINGKATKAN PERJUALAN DAN KEDEKATAN DENGAN PELANGGAN DI PT SAUNG ANGKLUNG UDJO. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 193-200.

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital2020-indonesia. Prahadi, Y.Y. (2016). Denpasar & Bandung Teratas, Ini 15 Kota Bisnis Terbaik. Swa.co.id. https://swa.co.id/swa/trends/business-research/denpasar-bandung-teratas-ini-15- kota-bisnis- terbaik.

Rachmawaty, A . (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 29-44.

Sun, Q., & Xu, B. (2019). Mobile Social Commerce: Current State and Future Directions. Journal of Global Marketing. https://doi.org/10.1080/08911762.2019.16 20902

Cakti, A. (2020). Sejumlah Kendala Pemasaran Produk yang dihadapi UMKM. Dikutip 24 Agustus 2021: Ini sejumlah kendala pemasaran produk yang dihadapi UMKM - ANTARA News.

Syaarawei, M,M. (2021). Tingkat Kemiskinan Balikpapan Naik saat Pandemic Covid-19. Dikutip 24 Agustus 2021: Tingkat Kemiskinan Balikpapan Naik Saat Pandemi Covid-19, Ini Kata BPS (bisnis.com).

Hartono dan Deny D. Hartomo. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 14, No. 1: 15-30.

Kotler, Philip., Hermawan Kartajaya., & Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons, Inc. Hoboken – New Jersey. Kuncoro, Mudrajat. 2010. Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan. Jakarta.

Purwana ES, Dedi., Rahmi., dan ShanAditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). E- ISSN: 2580-4332. Vol.1 No. 1, Juli 2017.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Yusuf Darmawan, Isna Ayu Safitri Kusuma Dewi, Mohammad Fathoni, & Ita Shobakhul Lama’ah. (2022). Sosialisasi Pengunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM di Desa LOPANG, Kecamatan Kembangbahu LAMONGAN. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 39–48. https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.468