Analisa Penjadwalan Perawatan Mesin Produksi Dengan Metode Reliability Centered Maitenance (RCM) Pada PT. Rubber Hock Lie

Authors

  • Alan Akbar Bukhori Universitas Potensi Utama, Medan
  • Andri Herlambang Universitas Potensi Utama, Medan
  • Teddy Rezaldy Universitas Potensi Utama, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.454

Keywords:

Efisiensi Kerja ,Reliability Centered Maintenance,Penjadwalan.

Abstract

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu banyak membantu manusia dalam memecahkan masalah-masalah yang ada sehingga didapatkan suatu efisiensi kerja yang tinggi. Kemajuan yang cepat di bidang industri adalah dikembangkannya mesin-mesin untuk kelancaran pekerjaan seperti halnya mesin-mesin yang sangat dibutuhkan dalam kelancaran suatu industri seperti mesin Hydro Press. Sehingga perlu dilakukannya penjadwalan pemeliharaann yang baik dalam menunjang operasional produksi. Adapun dalam memecahkan permasalahan ini, metode yang digunakan Reliability Centered Maintenance (RCM), yang merupakan suatu pendekatan sistematis untuk memilih suatu tindakan supaya aset fisik tetap dalam kondisi optimal seperti yang diharapkan. Hasil dari penilitian ini telah dijelaskan bahwa komponen Kamran merupakan komponen dengan nilai RPN tertinggi sebesar 256, Nilai ini menggambarkan bahwa komponen Kamran mengalami kegagalan yang harus ditangani akibat terjadinya downtime yang paling besar diantara komponen lainnya

 

 

References

Firmansyah, M. A., & Nurhalim, N. (2020). ANALISIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA MESIN HYDRAULIC PRESS PLATE MACHINE 1000 TON (Studi Kasus PT. X). J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin, 4(2), 19-23.

Raharja, I. P., & Suardika, I. B. (2021). Analisis Sistem Perawatan Mesin Bubut Menggunakan Metode Rcm (Reliability Centered Maintenance) Di Cv. Jaya Perkasa Teknik. Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri, 11(1), 39-48.

FATA, Y. (2018). ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) DI CV. BONJOR JAYA (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Supriyadi, S., Jannah, R. M., & Syarifuddin, R. (2018). Perencanaan Pemeliharaan Mesin Centrifugal dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance pada Perusahaan Gula Rafinasi. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), 139-147.

FATA, Y. (2018). ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) DI CV. BONJOR JAYA (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Alan Akbar Bukhori, Andri Herlambang, & Teddy Rezaldy. (2022). Analisa Penjadwalan Perawatan Mesin Produksi Dengan Metode Reliability Centered Maitenance (RCM) Pada PT. Rubber Hock Lie. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 119–131. https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.454