Implementasi Strategi Sosial Media Marketing Pada UMKM @keralaparotta_hf
DOI:
https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.354Keywords:
Sosial media, Konten, Promosi,UMKMAbstract
Tujuan penelitian ini adalah peran sosial media marketing berperan aktif dalam meningkatkan UMKM kerala parotta untuk bersaing menghadapi kompetitor lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dimana data yang telah didapatkan berdasarakan penyebaran kuesioner yang telah disebarkan terhadap komsumen kerala parotta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan profit UMKM Kerala Parotta harus menggunakan strategi promosi yang tepat dengan menerapkan clustering pelanggan, persona pelanggan, membuat konten yang mernarik serta aspek owned dan earned. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Pendapatan penjualan kerala parotta dengan list harga yang ditetapkan dapat dikategorikan mengalami peningkatkan, tetapi ditahun 2022 penjualan pada kerala parotta mengalami sedikit penurunan akibatnya promosi yang dilakukan masi tergolong rendah.
References
Fajarwati, D. (2020). Lingkup & Sasaran E-Commerce. 1–23.
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–138.
Nisa. (2021). Perbedaan Paid, Owned dan Earned Media.
Rizaty, M. A. (2022). Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022.
Saleh, G.-, & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Komunikasi, 10(2), 103. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2673
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65