Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton
DOI:
https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.352Keywords:
Pendampingan, Struktur Penulisan, Karya Tulis Ilmiah, MahasiswaAbstract
Kegiatan pengabdian ini berdasarkan pengetahuan mahasiswa tentang struktur karya tulis ilmiah yang merupakan hal yang lumrah jika dipelajari, tugas menulis seringkali dianggap berat. Sehingga, mahasiswa siap menghadapi peluang dan kesulitan di masa depan, kemampuan menulis harus diperkuat dengan keterampilan menulis. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali mahasiswa PGSD Muhammadiyah Buton dengan pengetahuan yang baik dalam melalui karya tulis ilmiah. Menulis karya tulis ilmiah merupakan praktik yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode presentasi, sesi tanya jawab, diskusi kelompok, dan latihan menulis struktur karya tulis ilmiah. Hasil kegiatan pendampingan mahasiswa menunjukan bahwa peserta mencapai pada kotegori tinggi sebanyak 20 orang atau 83,34%, kategori sedang sebanyak 3 orang atau 12,5%, sedangkan kategori rendah sebanyak 1 orang atau 4,16% sehingga disimpulkan bahwa struktur karya tulis ilmiah dengan baik. mahasiswa dapat merencanakan dan menyusun karya ilmiah dengan benar sehingga mahasiswa dapat menyesuaikan pembuatan karya tulis ilmiah dengan baik.
References
Fitriah, L., Studi, P., & Fisika, T. (2021). Seminar dan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin. Journal of Community Service, 1(1), 13–20.
Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Pengabdian Masyarakat, 4(2), 175–184.
Hanafiah, R. Supyan Sauri, D. M. dan O. A. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi, 5, 6.
Hastari, R. C. (2021). Pelatihan Penelusuran Referensi dan Pencegahan Plagiasi Pada Kegiatan Diklat Dasar Karya Tulis Ilmiah. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18.
Hodiyanto, H., & Alimin, A. A. (2020). In House Training (IHT) dalam penyusunan karya tulis ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 22–29.
Ismail, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
Jumono, S., Handayani, S., & Mala, C. M. F. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat, 130–134.
Kurniawan, D. D., & Sigit, K. N. (2020). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Selamat SRI. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 65–69.
Lawelai, H., Sadat, A., Suherman, A., Maulana, H. F., & Nazar, A. (2022). Pelatihan Parafrase Untuk Pencegahan Plagiasi Pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Journal of Community Empowerment, 1(1), 19–23.
Muslim, M., Nawawi, H., Matje, I., Ode, M. N. I., & Yusnan, M. (2022). Pelatihan Penulisan Makalah Mahasiswa Dalam Menghindari Plagiarisme Pada Aplikasi Turnitin. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37-41.
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.
Oktaviyanti, I., Umar, U., Erfan, M., Novitasari, S., & Maulyda, M. A. (2021). Sosialisasi Wawasan Plagiarisme Karya Tulis Ilmiah Untuk Mahasiswa Selama Perkuliahan Online Di Masa Pandemi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 279.
Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39.
Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30.
Rahman, A., & Erdawati, S. (2022). Pelatihan Menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UNISI Tembilahan. J-MAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 153–158.
Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 125–130.
Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Widodo, A., Haryati, L. F., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD 1 dan 45 Pemenang Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 240–246.
Satiti, W. S., & Ami, M. S. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–110.
Tri Setianingsih, Siti Syafi’atul Qomariyah, Sri Ariani, M. S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis bagi Guru SMA Hang Tuah 3 Mataram. Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 2(2), 29–31.
Wijayanti, T., Rachman, M., Ruhadi, R., Irawan, H., & Hermawan, D. (2021). Penguatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas, 25(2), 103–111.
Yuliati, A. (2019). Sosialisasi Penulisan Referensi Dalam Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(2), 60–69.