Strategi Digitalisasi Promosi UMKM Rengginang Melalui Google Maps dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal

(Studi Kasus : Desa Pahang, Kabupaten Batubara)

Authors

  • Imsar Imsar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adisty Aulia Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Elvira Andriyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Popi Dea Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Sofiya Wardani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v6i1.3504

Keywords:

Digitalization, Google Maps, Local Economy, Promotion, SMEs

Abstract

This study discusses the digitalization strategy for promoting small and medium enterprises (SMEs) producing rengginang in Pahang Village, Batubara Regency, through the use of the Google Maps platform to enhance the local economy. The main objective of this research is to understand how digital promotion can expand market reach, strengthen business branding, and improve community welfare. This research employs a qualitative approach using interviews, observations, and documentation with local SME actors. The results show that using Google Maps significantly helps rengginang SMEs broaden their marketing reach, increase business visibility, and build consumer trust through reviews and digital location features. In addition to boosting sales, digitalization also stimulates local economic growth by creating job opportunities and strengthening community engagement in the digital economy. Therefore, a Google Maps–based digitalization strategy can serve as an effective solution for SMEs to face modern economic challenges and strengthen regional economic resilience sustainably.

References

Al Arif, M. A., Prastya, A., Ramadhan, M. A., Hartanto, I., Thariq, M. A., Sefia, V., & Mas’udah, H. Z. (2025). Digitalisasi UMKM melalui pendaftaran NIB dan pemanfaatan Google Maps sebagai media promosi. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 513–518. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/2622

Aziezy, E., Koesoemasari, D. S. P., Pahlevi, A., Cahyo, H., & Lukmantoro, D. (2025). Revolusi digital UMKM: Strategi pemasaran efektif melalui penyematan lokasi di Google Maps. Surya Abdimas, 9(3), 488–494. https://jurnal.umpwr.ac.id/abdimas/article/view/5950

Diyana, N. F., & Putra, M. A. (2025). Digitalisasi pemasaran UMKM melalui Google Bisnis dan Maps: Studi kasus Keripik Ubi Faizah. GJPM: Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 282–289. https://gudangjurnal.com/index.php/gjpm/article/view/1339

Elpi Yanti, E., Syakira, E., Pasaribu, K., Anggraini, W., & Ikhwan, A. (2025). Dorongan digitalisasi ekonomi dalam mencantumkan lokasi usaha UMKM produksi tempe “Nek Timbli” pada Google Maps: Studi kasus Desa Bandar Malela. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(4), 183–196. https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i4.3342

Ikrima, R. R., Mukaromah, F., Ferdiansyah, A., & Khoiriyah, S. (2025). Pemetaan digital Google Maps sebagai aksesibilitas dan promosi UMKM Desa Menjer. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(6), 247–253. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/article/view/5768

Nuha, D. A., Dewi, C. M., Valhani, S., Halim, M. N., & Syifa, S. N. (2025). Pemanfaatan Google Maps sebagai strategi digitalisasi pemasaran produk UMKM anyaman bambu (Gedek) di Dusun Sambi Desa Simo. J-ADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 68–75.

Pratama, R. A., & Putra, D. D. (2023). Pemetaan digital UMKM, fasilitas umum, dan instansi pemerintah Desa Bandar melalui Google Maps. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 3(4). https://doi.org/10.58266/jpmb.v3i4.352

Qarni, W., Lingga, I. B., Sembiring, L. S., Harahap, A. H., & Lidia, R. (2025). Pemanfaatan aplikasi Google Maps sebagai bentuk digitalisasi pemasaran pada UMKM Warung Seblak Prasmanan Nadira di Desa Kutarayat. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(4), 262–270. https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i4.3388

Ramadhany, E. D., Arief, M. H., Nugroho, D. M., & Laily, N. F. (2023). Digitalisasi UMKM melalui penggunaan media sosial dan Google Maps untuk meningkatkan visibilitas dan efektivitas penyebaran informasi bisnis. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 969–974. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.875

Rohim, R., Erlinda, I., Sholihah, E. L., Firmansyah, F. R., & Andriani, F. (2022). Digitalisasi UMKM melalui pelatihan Google Maps dan pemasaran online. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 5(2). https://doi.org/10.37849/mipi.v5i2.314

Sibawaihi, M., Suradi, A. R., Ramli, F., & Trisnowali, A. M. (2025). Digitalisasi UMKM: Pendampingan pembuatan Google Maps dan pemasangan banner dalam meningkatkan pemasaran lokal di Desa Gantiwarno. JUDISTIRA – Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 5(1). https://www.rumahjurnal.or.id/index.php/JUDISTIRA/article/view/1343

Tampubolon, M. V. R., Ramadhan, M. F., Rizky, Y. P., Putri, N. A., Adzka, N. A., & Arum, D. P. (2024). Upaya transformasi digital UMKM Desa Kalipecabean dengan optimalisasi QRIS, Google Maps, dan e-commerce. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(3), 91–97. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i3.3066

Zairina, N., & Wafa, Z. (2023). Penguatan legalitas usaha dan digitalisasi pada UMKM di Kecamatan Sedayu: Pendampingan pendaftaran lokasi usaha di Google Maps. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 4121–4128. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1930/1366/14658

Downloads

Published

2025-11-11

How to Cite

Imsar Imsar, Adisty Aulia Zahra, Elvira Andriyani, Popi Dea Ananda, & Salsabila Sofiya Wardani. (2025). Strategi Digitalisasi Promosi UMKM Rengginang Melalui Google Maps dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal : (Studi Kasus : Desa Pahang, Kabupaten Batubara). SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 6(1), 213–223. https://doi.org/10.56910/safari.v6i1.3504