PENDAMPINGAN PELATIHAN PARENTING PADA KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA DI DESA KUALA SEBATU KABUPATEN INHIL RIAU
DOI:
https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.348Keywords:
pelatihan keterampilan parenting, kelompok ibu rumah tanggaAbstract
Parenting merupakan pilar utama orang tua dalam mengasuh dan membimbing anak agar terwujudnya generasi yang berkarakter. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan parenting yang sesuai dengan perkembangan anak dalam kelompok ibu rumah tangga. 2) membentuk keterampilan parenting pada kelompok ibu rumah tangga. Partisipan adalah kelompok 30 ibu rumah tangga yang dipilih secara purposive sampling. Hasil dari kegiatan ini 1) meningkatnya pengetahuan yang baik tentang pola asuh yang sesuai dengan perkembangan anak. 2) terbentuknya keterampilan parenting pada kelompok ibu rumah tangga Sehingga dapat disimpulkan pelatihan parenting pada orang tua sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang pembentukan karakter pada anak.
References
Akhyadi, A. ., & Mulyono. (2018). Program Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. 1(1), 1–8.
Anggraini, A., I, N., & A, S. (2021). Teknik Pengasuhan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini pada Keluarga Mantan Gelandangan dan Pengemis di Desa Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.
Anisah, A. Si. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan, 5(1), 70–84.
Anwar, R. ., & N, A. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Effendi, Suratman, Ali Thaib, Wijaya, Dan B. Chasrul Hadi. (1995). Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jambi: Departemen Pendidikan dan Kebudayan.
Erlanti, MS., Mulyana, Nandang., dan Wibowo, Hery. (2016).Teknik parenting dan pengasuhan anak studi deskriptif penerapan teknik parenting di rumah parenting yayasan cahaya insan pratama bandung. Prosiding KS: riset dan PKM. Vol. 3. No. 2. h, 237-247.
Hurlock, E.B. (1999). Chlid Development Jilid II, terjemahan Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.
Khairuddin, H. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.
Hayati, F., & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) Serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di Paud Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 1(2), 16–30.
Ihsan, N., Kurniah, N., & Suryapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Polensia, 3(1), 50–55.
Kurniati, & Dkk. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Mauanah, S. ., & Suprijono. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga. Jurnal Pradigma, 4(1), 1–10.
Nugroho, A. D., & Dkk. (2017). Pola Asuh Si Kecil Di Era Digital Pada Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 132.
Permono, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional 2013.
Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).
Wahyuni, F., & Asfahani. (2021). Parenting: Menjadi orang Tua Kreatif Bagi Anak Usia Dini Di masa Masa New Normal. Journal of PsiYchologi and Development, 1(1).