Pelatihan Pengisian SPT PPN untuk UMKM Karang Taruna Rw. 06 Kel. Pondok Cina Beji Depok Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.334Keywords:
Microsoft Excel, Pelaporan Pajak PPN,UMKMAbstract
Pelatihan pengisian SPT PPN berbasis Excel pada dasarnya bertujuan untuk memberikan wawasan dan ketrampilan tentang aplikasi yang membantu para pengusaha dan pemuda Karang Taruna untuk mempermudah dalam pembuatan laporan pajak PPN terutama yang berkaitan dengan sistem permodelan. Di dalam proses pelaksanaan pengabdian, akan di berikan materi secara bertahap dengan metoda ceramah yaitu dengan presentasi yang di lanjtutkan dengan demonstrasi serta praktek langsung pada media computer masing-masing peserta pelatihan sehingga secara keseluruhan materi aplikasi Microsoft Excel dapat di manfaatkan oleh pelaku usaha yang tergabung dalam Karang Taruna di RW.06 Kel.Pondok Cina Beji Depok Jawa Barat. Untuk menjaga kesinambunagan pemahaman tentang aplikasi Microsoft Excel pelaku usaha sangat merespon positif sehingga adanya antusias Karang Taruna untuk membuka peluang kepada tim pengabdian untuk mengadakan pelatihan lanjutan untuk pelaku usaha yang tergabung dalam Karang Taruna di RW.06 Kel.Pondok Cina Beji Depok Jawa Barat.
References
Eleanor L. Criswell (1989), Design of Computer-Based Instruction, Macmillan Pub Co, 1989
Gilbert, D. (2002). Multimedia Technology, Queensland: University of Queensland
Michael Simkins, Karen Cole, Fern Tavalin and Barbara Means, Increasing Student Learning Through Multimedia Projects. Diakses dari http://www.ascd.org/publications/books/102112/ chapters/What_Is Project- Based Multimedia _Learning%25C2%25A2.aspx, tanggal 20 April 2018
Richard E. Mayer, Roxana Moreno, 1998, Aids to computer-based multimedia learning, Richard E. Mayer*, Roxana MorenoDepartemen Psikologi, University of California, Santa Barbara, CA 93106, USA Department of Psychology, University of California, Santa Barbara, CA 93106, USA
Suyanto, Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran, Andi Offset Yogyakarta 2004.
Unesco, Introduction | The multimedia approach,
diakses dari www.unesco.org/education/tlsf/TLSF/intro/mod02/uncom, tanggal 1 Mei 2018