PENINGKATAN KAPASITAS DAN KAPABILITAS KARYAWAN WISATA PT. PRPP JAWA TENGAH

Authors

  • Artin Bayu Mukti Universitas Stikubank Semarang
  • Wahyu Mafatikhul Aulia Universitas STIKUBANK Semarang
  • Aziz Nur Rosyid Universitas STIKUBANK Semarang

Keywords:

peningkatan, kapasitas, kapabilitas, karyawan PT. PRPP

Abstract

Tenaga kerja pada Grand Maerakaca, PT.PRPP Jawa Tengah mempergunakan  masyarakat setempat, namun tidak disertai dengan keterampilan yang cukup dari masyarakat setempat. Tingkat kunjungan yang baik perlu diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan bagi wisatawan. Kurangnya kualitas SDM terlihat dari tenaga kerja yang dibutuhkan pada Grand Maerakaca, PT. PRPP  yang terutama di bagian wisata. Dengan latar pendidikan bukan pendidikan pariwisata maka pihak pengelola harus bekerja keras untuk terus membekali dan meningkatkan kemampuan karyawannya khususnya pada level pelaksana karena merekalah ujung tombak perusahaan dalam memeberikan pelayanan terhadap tamu.

Permasalahan di Unit Grand Maerakaca antara lain kurangnya SDM bidang pariwisata baik dari sisi kuantitas maupun kualitas dan kurangnya pemahaman karyawan terhadap arti pariwisata dan pelayanan kepada tamu. Solusi yang ditawarkan adalah dengan mengadakan workshop peningkatan kapasitas dan kapabilitas karyawan wisat . Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu Observasi, Focus Group Discussion dan Pendidikan dan Pelatihan.

Secara keseluruhan dari kegiatan Workshop peningkatan kapasitas dan kapabilitas karyawan wisata di PT.PRPP Jawa Tengah yang telah dilaksanakan, partisipasi peserta (khalayak sasaran) menyatakan puas dan antusias. Peserta(khalayak sasaran) juga berharap di tahun berikutnya akan ada kegiatan berkelanjutan guna menambah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap bagi para karyawan.

References

Santoso, Idris dan Hendrik Johannes Nadapdap. 2019. Hubungan Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata di PT. Perkebunan Tambi, Kabupaten Wonosobo, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian p-ISSN 0853-8395; e-ISSN 2598-5922 Vol. 15, No. 2, Juni 2019

Pratama, Handika Fikri, tanpa tahun. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Sejarah Benteng Marlborough Di Kota Bengkulu.

Annisa, Siti Yumma dan Rudiansyah. 2020. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Event Indonesia Building Technology Expo 2019 PT. Debindo

Syarifuddin, Didin. 2015. Tourism Destination Service Quality to Tourist Satisfaction

(Effect of Service Quality to Tourist Satisfaction at Karang Setra Destination Bandung, Indonesia). http://Www.Researchgate.Net/Publication/287206496

Supriadi, Bambang. 2014. Peningkatan Kemampuan Teknik Guiding Sebagai Kriteria Unjuk Kerja Pemandu Wisata Dalam Antisipasi Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Seminar Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi ASEAN, 21 Mei 2014

Budiarsa, Made, dkk. 2018. Bentuk, Fungsi, dan Makna Pragmatik Tuturan Pemandu

Wisata di Daerah Pariwisata Badung dan Denpasar, http://www.researchgate.net/publication/265360124

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: KEP. 61/MEN/III/2009 tentang SKKNI Sektor Pariwisata Bidang Pemanduan Ekowisata.

Downloads

Published

2022-10-13

How to Cite

Artin Bayu Mukti, Wahyu Mafatikhul Aulia, & Aziz Nur Rosyid. (2022). PENINGKATAN KAPASITAS DAN KAPABILITAS KARYAWAN WISATA PT. PRPP JAWA TENGAH . SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 95–100. Retrieved from https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/view/197