UPAYA PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA MELALUI SEDEKAH BUKU DAN PROGRAM SEMINGGU SEBUKU DI SD NEGERI 1 GROGOL KECAMATAN GIRI – BANYUWANGI

Authors

  • Sholihin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Muhammad Nashir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Muhammad Al Amin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Roudlotun Nurul Laili Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Badrul Munif Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Akhmad Yanuar Fahmi Pamungkas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Ivan Rachmawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwang
  • Erik Toga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi
  • Dian Roshanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi, Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.187

Keywords:

Literasi, Membaca, Sedekah Buku, Seminggu Sebuku

Abstract

Gerakan literasi sangatlah penting agar siswa dapat bersosialisi melalui keahlian berbahasanya dan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai suatu informasi dengan sangat jelas. Literasi membaca bukan hanya berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan saja, melainkan juga berkaitan dengan sikap, perilaku, serta motivasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa di SD Negeri 1 Grogol agar bisa terbentuk budaya membaca. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah para siswa kelas 3 sampai 6. Metode yang digunakan yaitu Education, Approach, Dream, Action, dan Evaluation. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi, minat baca siswa, dan interaksi sosial baik antar siswa maupun antara siswa dan guru. Disamping itu, kunjungan perpustakaan juga meningkat pasca kegiatan ini. Perlu adanya pembiasaan agar membaca menjadi sebuah budaya. Sinergi antara pihak sekolah, para siswa, serta dukungan orang tua juga sangat diperlukan guna mendukung tereliasisasinya keberlanjutan program kegiatan ini.

References

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. LIBRIA, 9(1), 13–26. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680/1221

Cahyani, P. A. R. (2019). Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar di Padang Panjang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 344–352. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/107351-0934

Guyadeen, D., & Seasons, M. (2016). Evaluation Theory and Practice: Comparing Program Evaluation and Evaluation in Planning. Journal of Planning Education and Research, 38(1), 98–110. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0739456X16675930

Maulidah, T., Sukiyanto, Yuliana, I. F., & Lailia, N. F. R. (2021). Gerakan Literasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 6-8 Tahun di Masa Pandemi Covid-19. Community Engagement & Emergence Journal, 3(1), 128–136.

Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17555

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21.

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Sholihin, Muhammad Nashir, Muhammad Al Amin, Roudlotun Nurul Laili, Badrul Munif, Akhmad Yanuar Fahmi Pamungkas, … Dian Roshanti. (2022). UPAYA PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA MELALUI SEDEKAH BUKU DAN PROGRAM SEMINGGU SEBUKU DI SD NEGERI 1 GROGOL KECAMATAN GIRI – BANYUWANGI. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 109–118. https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.187