PENERAPAN PENGELOLAAN SDM DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KELURAHAN RANDUACIR KOTA SALATIGA

Authors

  • Wenefrida Ardhian Ayu Hardiani STIEPARI Semarang
  • Henry Yuliamir STIEPARI Semarang
  • Enik Rahayu STIEPARI Semarang

Keywords:

Pengelolaan SDM, Randuacir, Salatiga, Pariwisata

Abstract

Salatiga  adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang menjadi enklave dari Kabupaten Semarang. Kota Salatiga terletak 49 kilometer di sebelah Selatan Kota Semarang dan 52 kilometer di sebelah Utara Kota Surakarta, serta berada di jalan negara yang menghubungkan antara Kabupaten Semarang dengan kota Surakarta sehingga Salatiga menjadi kota yang memiliki banyak keuntungan terutama di sektor industri UMKM.

Kebangkitan pelaku  usaha  kreatif  di  Kota  Salatiga di  tengah-tengah situasi pandemi covid -19 masih sangat terbuka, yakni dengan memanfaatkan peluang pasar digital. Salah satu potensi yang diangkat oleh Tim STIEPARI adalah potensi daya tarik wisata yang ada di kelurahan randuacir. Potensi keunggulan daya tarik,  ekonomi  kreatif  dan  juga  potensi  SDM  dalam pengembangannya masih sangat kurang ,sehingga  diperlukannya beberapa tahapan pendampingan.

Metode atau cara yang digunakan antara lain koordinasi internal dan eksternal dengan melibatkan mitra, FGD   di Kelurahan Randuacir , praktek lapangan melalui observasi langsung ke lapangan, dan evaluasi kegiatan.

Pengabdian masyarakat STIEPARI ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatan pengembangan pariwisata di Kelurahan Randuacir Kota Salatiga.

References

Bagau, M. Y. P., & Chernovita, H. P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Rute Angkutan Umum Berbasis Web Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Salatiga. Sebatik, 25(2), 632-638.

Budiarti, I., Iffan, M., Mahardika, K., Aulia, S. S., & Warlina, L. (2021). Kajian Model Pengembangan SDM Pariwisata Di Kawasan Jatigede Kec. Darmaraja Kab. Sumedang. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 2(1), 99-107.

Izah, A. A. K. (2019). Perkembangan pariwisata di Salatiga (studi tentang turisme tahun 1917-1942).

Kurniawan, F. (2013). Kemitraan Pengelolaan Sektor Pariwisata (Studi Pada Tirta Wisata Kabupaten Jombang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Polonia, B. S. E., & Ravi, A. (2021). Pengembangan SDM Pokdarwis Desa Wisata Sungai Awan Kiri melalui Clean, Health, Safety, and Environmental Sustainbility (CHSE). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 511-519.

Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1).

Setiawan, R. I. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 23-35.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Wenefrida Ardhian Ayu Hardiani, Henry Yuliamir, & Enik Rahayu. (2022). PENERAPAN PENGELOLAAN SDM DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KELURAHAN RANDUACIR KOTA SALATIGA . SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 77–82. Retrieved from https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/view/176