PERANAN WORKSHOP PENGOLAHAN MIE SPAGHETTI UNTUK PEMULIHAN GIZI BALITA STUNTING DI DESA KALIWIRO KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO

Authors

  • Ngatoillah Linnaja Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo
  • Salis Irvan Fuadi Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.154

Keywords:

Stunting, Kelas Ibu Hamil, Generasi Berkualitas, dan Intervensi.

Abstract

Diciptakannya keluarga adalah untuk menciptakan keturunan yang berkualitas. Harus ada perencanaan awal, akibat tidak berfungsinya sebuah keluarga dengan baik adalah terjadinya balita stunting. Balita stunting ini memiliki dampak berkepanjangan dan efek yang cukup kompleks. Pada aspek kesehatan balita stunting selain kondisi gagal tumbuh, akan mudah terkena serangan penyakit sehingga berpotensi kehilangan sebagian masa produktifnya. Pada aspek pendidikan, akan mempengaruhi kecerdasan anak, dibandingkan dengan anak seumurannya tingkat kecerdasan anak yang terkena stunting lebih rendah, hal ini akan mempengaruhi proses belajar anak yang dikemudian hari akan berdampak pada kondisi keterbatasan ekonomi keluarga. Hal ini maka diperlukan upaya pencegahan yang strategis. Kegiatan pencegahan stunting yang dilaksanakan di Desa Kaliwiro adalah dengan melakukan workshop pengolahan mie spaghetti dari daun bayam dan pizza dari kentang. Didukung juga dengan program pencegahan lain yaitu kelas ibu hamil, posyandu baduta dan balita, serta skrening kesehatan usia produktif dan lansia. Dari berbagai program pencegahan stunting yang diterapkan memiliki peran yaitu sebagai pemulihan gizi balita, bentuk informasi bagi ibu hamil terkait pola asuh, dan sebagai implementasi peraturan pemerintah dalam strategi nasional.

 

References

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya Juz 1-30 (Transliterasi). Surabaya: Mekar Surabaya.

Ghony, M. Djunaidi. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Koordinator Statistik Kecamatan Kaliwiro. 2019. Kecamatan Kaliwiro dalam Angka 2019 (Kaliwiro Subdistrict in Figures 2019). Wonosobo: Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo.

Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI). 2018. Stop Stunting dengan Konseling Gizi. Jakarta: Penebar Plus.

Sofyan. 2013. Metode Penelitian Hukum Islam Penuntun Praktis Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Ngatoillah Linnaja, & Salis Irvan Fuadi. (2022). PERANAN WORKSHOP PENGOLAHAN MIE SPAGHETTI UNTUK PEMULIHAN GIZI BALITA STUNTING DI DESA KALIWIRO KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 19–31. https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.154