Pemetaan Partisipatif Potensi Distrik Sentani Kabupaten Jayapura

Authors

  • Deasy Widyasatomo Universitas Cenderawasih
  • Irja Tobawan Simbiak Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.145

Keywords:

ArcGIS, Partisipasi Masyarakat, Potensi, Sentani Kota.

Abstract

Peta merupakan gambaran permukaan bumi dengan diperkecil dalam skala tertentu dan di gambarkan pada bidang datar dalam bentuk simbol-simbol yang sifatnya selektif dalam sistem proyeksi tertentu. Berbagai jenis data dapat digambarkan dan dijelaskan dalam peta dan memberikan informasi korelasi data terhadap kondisi geografis (informasi geospasial) sautu wilayah yang kemudian dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan dalam mendukung dalam perencanaan pembangunan daerah.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pemetaan partisipatif menggunakan data spasial berupa titik koordinat yang diperoleh menggunakan GPS navigasi dan citra satelit dari Google Earth Pro serta partisipasi masyarakat melalui survey lapangan melalui wawancara. Data kemudian di olah menggunakan software ESRI ArcGIS. Penelitian dilakukan dalam Wilayah Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh luasan batas administrasi Distrik Sentani serta luas wilayah masing-masing kelurahan dan kampung. Proyeksi peta didalamnya menjelaskan titik dan secara umum lokasi-lokasi yang berpotensi untuk dikembangkan. Potensi distrik Sentani yang berpeluang dikembangkan dalam usaha tersebut antara lain perikanan keramba air tawar di pesisir Danau, Hutan Sagu, ukiran dan tas noken, serta seni budaya ukiran yang khas menggunakan kulit kayu.

References

Adianto., Saryatmo, M. A. & Gunawan, A. S., 2014. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Performance Prism Dan Scoring Objective Matrix (Omax) Pada PT. BPAS.

Bakara, 2014 Sistem Menejemen Data. Citra Satelit Penginderaan Jauh, Pros. Seminar Nasional.

Basuki Sudiharjo, 1977. Prinsip-Prinsip Dasar Pembuatan Peta Tematik. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Hartanto, (2010), Pemetaan Partisipatif, http://hartanto.wordpress.com/2010/01/ 25/pemetaanpartisipatif-bersamasijampang/diakses tanggal 08-01-2014 jam 13.55

Hidayat, (2005), Seri Panduan Pemetaan Partisipatif No. 2 - Mengenalkan Pemetaan Partisipatif, Garis Pergerakan, Bandung.

Kraak M.J, Ferjan Ormeling. 2007. Kartografi: Visualisasi Data Geospasial (Edisi 2). Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Lillesand and Kiefer. 1990. Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra. Diterjemahkan oleh Dulbahri, Hartono, dkk. Fakultas Geografi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Raisz Erwin, (1984), General Cartography, New York: Mc. Graw Hill Book Co.Inc.,

Sobatnu, Ferry. 2006. Ilmu Ukur Tanah III. Diktat Kuliah Prodi D3 Teknik Geodesi. Banjarmasin.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial, di akses pada tanggal 15 Februari 2021.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Deasy Widyasatomo, & Irja Tobawan Simbiak. (2022). Pemetaan Partisipatif Potensi Distrik Sentani Kabupaten Jayapura. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 09–18. https://doi.org/10.56910/safari.v2i2.145