Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo

Authors

  • Widiya Ananda Universitas Muhadi Setiabudi
  • Slamet Bambang Riono Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Syaifulloh Universitas Muhadi Setiabudi
  • Suci Nur Utami Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.132

Keywords:

Pendampingan, Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi , UMKM, Perekonomian Masyarakat

Abstract

Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus berbenah diri aagar bisa bertahan menghadapi segala bentuk hambatan/tantangan, seperti turunnya daya beli masyarakat. Kondisi tersebut bisa berakibat bangkrut atau tutup para pelaku usaha. Diperlukan terobosan baru strategi marketing yang lebih inovatif baik offline maupun online. Digital marketing membantu pelaku usaha dalam promosi dan pemasaran produk/jasa mereka dan memperluas pangsa pasar baru, karena ada keterbatasan waktu, jarak dan cara berkomunikasi. Tujuan kegiatan pendampingan ini sebagai kepedulian tim pengabdian dari Universitas Muhadi Setiabudi, sehingga perlu disosialisasikan kebiasaan bisnis yang unggul dan kompetitif, terkait tata kelola pemasaran produk melalui teknologi digital. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah menggunakan metode partisipas dan aksi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara pendampingan strategi pemasaran berbasis teknologi pada kelompok pengrajin arum manis dan pembuatan media pasar berbasis sosial media. Tahap awal dalam kegiatan praktik dilakukan dengan cara pendahuluan, yaitu melakukan proses partisipatif yang dimulai dengan metode pendekatan untuk membangun keterbukaan, dukungan dan keterlibatan masyarakat. Hasil dari dialog bersama pelaku UMKM, menghasilkan banyak informasi terkait proses pembuatan produk arum manis dari saat masih menjadi bahan mentah sampai pada proses siap untuk dipasarkan. Strategi ini secara langsung mampu meningkatkan dan mengembangkan nilai jual pelaku UMKM.

References

Abidah, K. N., Baihaqi, I., & Persada, S. F. (2020). Konsep Model Bisnis Inkubasi Online dengan Perspektif Triple Helix. Jurnal Teknik ITS, 9(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i1.42551

Awang Surya, & Wilarso, W. (2022). Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p59-70

Di, C., Pandemi, M., Sipil, S. T., Teknik, F., Yogyakarta, U. M., & Brawijaya, J. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Gega. 297–306. https://doi.org/10.18196/ppm.41.867

Di, M., Makbon, D., & Sorong, K. (n.d.). Kata Kunci: Peran, Kepala Distrik, Perekonomian.

Dumadi, & Hutapea, V. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Harga dan Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 1(02), 36–45.

Iwan, K. (2016). Peran Media Sosial Facebook Dan Twitter Dalam Membangun Komunikasi. Lembaran Masyarakat, 2(1), 29–42.

Mudjijah, S., & Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596

Pqrst, I. C., Wtxyt, U., Wqxtysab, X. S., & Fqsuv, T. F. (n.d.). No Title. 0, 4–9.

Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 75. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291

Rosianti, N. C., & ER, M. (2017). Analisis Tingkat Kematangan Proses Bisnis Dan Kesiapan Teknologi Informasi Studi Kasus Usaha Garmen Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Jawa Timur. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 264–269. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.23160

Sosialita, T. D. (2022). Jurnal abdi insani. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 247–255.

Sukaraja, D., Sindangasih, K., Ciamis, K., Faizzilah, F., Kusmiati, Y., & Liana, E. (n.d.). MASA PANDEMI COVID-19. 19, 328–332.

Sutrisno, C. L. (2015). Evaluasi Strategi Pengembangan Bisnis pada PT. Manunggal Suko Jaya Surabaya. Agora, 3(1), 633–641.

Syaifulloh, M., Utami, S. N., Riono, S. B., Indriyani, A., Manajemen, P., Muhadi, U., Agribisnis, P., Muhadi, U., & Brebes, K. (2021). Pemanfaatan Pemasaran Online Penjualan Telur Asin di Kabupaten Brebes The use of Online Marketing Sales Salted Egg in the District of Brebes. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(01), 51–58.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Widiya Ananda, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh, & Suci Nur Utami. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 08–14. https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.132