Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa

Authors

  • Sry Sarah Emita Sipayung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.651

Keywords:

PAKEM Model, Writing Ability, Explanatory Text

Abstract

This study aims to determine the effect of the PAKEM learning model on the ability to write explanatory texts for VIII students of SMP Negeri 1 Delitua in the 2022/2023 academic year. The sample in this study were 32 students of class VIII-1. The method used in this research is the one-group pre-test post-test design experimental method. Data analysis techniques in this study used analysis requirements test, normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results showed that students' ability to write explanatory texts before using the PAKEM learning model was in the poor category with an average score of 63.34, while students' ability to write explanatory texts after using the PAKEM learning model was in the good category with an average score of 83. 84. The hypothesis test shows tcount > ttable, namely 11.3 > 2.039, then the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This shows that the use of the PAKEM learning model has a significant effect on the ability to write explanatory texts for class VIII students of SMP Negeri 1 Delitua in the 2022/2023 academic year.

References

Apriyani, N. N. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Filmstrips pada Siswa Kelas XI MAN 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksastrasia, 3 (2).

Basith, Abdul & Sahri. 2021. Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Deskripsi Dengan Pendekatan (PAKEM) Pada Siswa SMP Plus AR Ridwan Sukorejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal JEC: Journal Of Education and Couseling, 3 (2).

Cahyani, Isah & Hardianto, D. 2019. Keterampilan Menulis dengan Model Pakem Melalui teknik Menjadi Wartawan Junior di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19 (2).

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Kaban. R.K & dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1).

Khoiriyah. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Konduktor Dan Isolator Panas Melalui Model Pakem Pada Siswa Kelas VI SDN Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan, 3 (6).

Kosasih. E. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Murniasih & Utami, Santi. 2016. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Dengan Metode Peta Konsep Berbantuan Media Video Peristiwa Alam Bagi Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 1 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2).

Nurdyansyah & Fahyuni, Eni., F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Rejeki, Supadmi. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Efektif, dan Menyenangkan). Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Dasar Guru Sekolah Dasar, 3 (3).

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadwika, Nyoman & Liska, L.D. 2022. Model PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam Pembelajaran Menulis Puisi. SANDIBASA I: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I.

Sakila. (2020). Pelaksanaan Pendekatan “PAKEM” dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato pada Siswa SMP. Batra: 6(1).

Sudjhana. 2005. Metode Ststistika. Tarsito: Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Rika., dkk.(2022. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan (PAKEM) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. ALINEA, 2 (3).

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sry Sarah Emita Sipayung. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa . PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 224–236. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.651