PENERAPAN METODE TEAM TEACHING (STUDI DESKRIPTIF DI SD AL-MA’SOEM)

Authors

  • Hana Nurur Rohmah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.621

Keywords:

Pendidikan, Metode Pembelajan, Team Teaching

Abstract

Penelitain ini dilakukan dengan tujaun untuk mengetahui penerapan metode team teaching yang dilakukan di SD Al-Ma’soem. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data berupa hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, tahapan penerapan metode team teaching pada pembelajaran sebagai berikut : 1) Tahap Perencanaan, dimana guru kelas, guru mata pelajaran dan guru bidang studi melakukan MGMP untuk meranncang perencanaan pembelajaran. 2) Tahap Pelaksanaan, yaitu proses kegiatan pembelajaran yang diawali dengan kegiatan pembuka oleh guru yang bertugas untuk mengajar. Pada kegiatan inti, guru bekerja sama menerapkan metode team teaching dengan pembagian tugas satu guru sebagai pengajar dan satu guru lainnya sebagai pendamping. 3) Tahap Evaluasi yaitu proses evaluasi kepada guru dan peserta didik. Evaluasi guru dilakukan dengan memberikan kritik dan saran kepada masing-masing guru dalam team mengenai proses pengajaran. Evaluasi peserta didik dilakukan melalui tes sumatif dan formatif yang dibuat oleh masing-masing guru sesuai materi yang diajarkan. Sehingga pembelajaran menggunakan metode team teaching juga sangat berpengaruh pada ketercapaiannya tujuan pembelajaran

References

Asmani, J. M. M. (2010). Pengenalan dan pelaksanaan lengkap micro teaching dan team teaching.

Cahayati, N. (2017). Analisis Implementasi Metode Team Teaching dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Fikri, A. Z., Hendrik, M., & Romadon, R. (2019). Analisis Penerapan Metode Team Teaching di Kelas 3 SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. SEMNASFIP.

Gultom, J. J. (2010). Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Team Teaching. Jurnal Bahas, 19(02).

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).

Kaputri, M. D., Anjani, A., Fitriani, D., & Mahmudah, I. (2021). IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DI KELAS IV AS-SALAM SDIT AL-GHAZALI PALANGKA RAYA. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Vol. 1, No. 1).

Karlina, E., & Rasam, F. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Team Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Di Unindra. Research and Development Journal of Education, 6(2), 65-73.

MASYKUR, H. Team Teaching dalam Metode Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Yayasan Amal Jariyah (YAJRI) Payaman Magelang.

Mesin, Y. Y. Y. J. T. (2019). A PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR GAMBAR TEKNIK KELAS X TPM SMK NEGERI 1 NGANJUK.

Mokoagow, S. (2021). Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Elementary Educational Research, 1(1), 20-26.

Muawiyah, R. (2019). Penerapan strategi team teaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas VIII mata pelajaran IPS di SMPI Sabilurrosyad Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Subandi, S. (2011). Deskripsi kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukan. Harmonia journal of arts research and education, 11(2), 62082.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Hana Nurur Rohmah. (2023). PENERAPAN METODE TEAM TEACHING (STUDI DESKRIPTIF DI SD AL-MA’SOEM). PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 229–239. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.621