KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SAAT NEW NORMAL DI SMPN 3 BONJOL

Authors

  • Suciani Seprita Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles Charles Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.618

Keywords:

Kreativitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran, dan New Normal

Abstract

Alasan penulis mengangkat permasalahan ini menjadi karya ilmiah berbentuk skripsi karena penulis menemukan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran saat new normal guru Pendidikan Agama Islam sudah kreatif namun masih ada kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kreativitas tersebut. Adapun permasalah yang penulis teliti adalah bagaimana kreativitas guru pendidikan agama islam dalam penggunaan media pemelajaran saat new normal di SMPN 3 Bonjol. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran saat new normal di SMPN 3 Bonjol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif (qualitatife descriptive) yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan dua informan yaitu yang menjadi informan kunci adalah guru Pendidikan Agama Islam  3 Bonjol, dan informan pendukung adalah siswa SMPN 3 Bonjol. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa guru pendidikan agama islam di SMPN 3 Bonjol sudah kreatif dalam menggunakan media pembelajaran saat new normal. Karena guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran lebih dari satu, seperti audio, visual, dan media berbasis online (whatsapp group).

References

Andriati, Irna dan Zulfani Sesmiarni. 2020. Analisis Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi dalam Menjelaskan Materi Pelajaran. e- Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Vol. 8 No. 1, IAIN Bukittinggi. Diakses pada tanggal 11 September 2021.

Anhusdar, Journal Of Islamic Early Childood Education.Vol. 3 No.1. Diakses pada Tanggal 10 September 2021. La Ode. Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online Dimasa Pandemi Covid-19.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasional, Departemen Pendidikan. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Sakina, Zakiya. 2021. Skripsi. Problematika Pembelajaran di Era New Normal Pada Siswa kelas 1 MI Miftahul Astar Kabupaten Kediri, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, dan Prosedur). Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaikhudin, Ahmad. 2013. Pengembangan Kreativitas Guru dalam proses Pembelajaran. Jurnal Lisan Al-hal. Vol.7, No. 2. Diakses tanggal 15 Februari 2022.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Suciani Seprita, Muhiddinur Kamal, Charles Charles, & Arifmiboy Arifmiboy. (2023). KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SAAT NEW NORMAL DI SMPN 3 BONJOL . PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 218–228. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.618