Penerapan Video Tutorial Keterampilan Pembuatan Canape pada Student Club Cooking Class SDIT At-Taqwa Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.584Keywords:
Video tutorial learning media, Student skills, CanapeAbstract
Video tutorial learning media can facilitate the teaching and learning process and can stimulate students to be active in participating in learning. This study aims to determine teacher activities, student activities, student learning outcomes, and student responses to the application of video tutorials for canape making skills in the student club cooking class SDIT At-Taqwa Surabaya. This research was conducted in class V SDIT At-Taqwa Surabaya. This type of research is a type of pre-experiment research with a "One Shot Case Study" design. The data sample in this study was class V with a total of 23 students. Data in the study were obtained by several methods, namely observation, test, and questionnaire methods. The data analysis obtained is quantitative data and analyzed descriptively. The results of this research show that 1) Teacher activities in learning get an average of 3.9 with a very good category. 2) Student activities in learning get an average of 3.7 with a very good category. 3) The learning outcomes of students in the cognitive domain received an average of 92.4, in the affective domain received an average of 93.8, while in the psychomotor domain students obtained an average of 91. 4) The results of students' responses obtained an average percentage of 97.6% with a very positive category.
References
Alamsyah, Rizky, Anselmus Toenlioe, dan Arafah Husna. 2018. “Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang”. Jurnal kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 1 (3): 229-236.
Amsari, Dina dan Murdjiran. “Implikasi Teori Belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Basicedu. Vol 2 (2): 52-60.
Annisa, Anna Nur. 2020. “Penggunaan Media Berbasis Video untuk Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Boga Tunagrahita”. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 15 (2).
Bustan. 2020. Penggunaan Video Tutorial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Ibadah Salat pada Peserta Didik SDN Palita Patampanua Kabupaten Pinran. IAIN Parepare.
Dachfid, Nur Ahsan. 2015. “Hubungan Antara Pemahaman Kognitif Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Kemampuan Psikomotorik Keselamatan pada Praktikum Batu di SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Scaffolding Universitas Negeri Semarang. Vol 4 (1): 60-63.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Diono, Arizal Wahyu. 2022. “Penerapan Video Tutorial pada Pelatihan Mmebuat Bomboloni bagi Ibu-ibu PKK di RT 5 RW 2 Simo Pomahan Surabaya”. Jurnal Tata Boga. Vol. 11 (1): 96-105.
Dudung, Agus. 2018. Penilaian Psikomotor. Depok: Karima.
Farid, Miftah, Anita Dewi Utami, dan Nur Rohman. 2021. “Penerapan Aplikasi Google Meet pada Pembelajaran Sosiologi Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Edutama. Hal. 1-12.
Gumelar, Lintang dan Tri Sudarwanto. 2020. “Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Penataan Produk Materi Shelving (RAK) Kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. 8 (2): 764-770.
Hapudin, Muhammad Soleh. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.
Hartini, Sri. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia dengan Streategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) pada Mata Diklat Produktif Analisis Mikrobiologi di SMK Negeri 3 Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.
KBBI, 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses tanggal 2 Februari 2023)
Khairani, Miftahul. 2019. “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Biolokus. Vol 2 (1): 158-166.
Marinda, Leny. 2020. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar”. Jurnal An-Nisa’: Junal Kajian Perempuan & Keislaman. Vol 13 (1): 121-126.
Maydiantoro, Albet. 2022. Teori Belajar Behavioristik. FKIP Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Nurmala, Desy Ayu. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 4 (1).
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Puspita, Sari. 2019. “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman dalam Memilih Media”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 1 (1): 42-57.
Qonitah, Zahra Rifa. 2020. “Pengembangan Video Tutorial dalam Materi Rias Fantasi di Program Studi Tata Rias”. Jurnal Tata Rias. Vol. 10 (1): 1-12.
Ramadhan, Febrian, Wibawa, dan Setya C. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan BOT API Media Sosial Telegram di Akademi Farmasi Surabaya”. Jurnal It-Edu. Vol. 2 (2): 145-152.
Riduwan. 2019. Dasar-dasar Statistika Bandung: Alfabeta.
Riyanto, Agus. 2020. “Penggunaan Video Sebagai Media Tutorial Pembelajaran terhadap Kemampuan Berceramah Siswa”. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vol. 3: 231-238.
Salsabila, Saelisa. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Kompetensi Dasar Menganalisis Bahan Makanan dari Ikan dan Hasil Olahnya di SMK Negeri 2 Tuban”. Jurnal Tata Boga. Vol. 9 (1): 93-100.
Siregar, Eveline. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sonta, Lenis Ary. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Ritmik dengan Cooperative Learning Metode Jigsaw Kelas V SD Negeri 3 Pekalongan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sukma, Indra. 2016. “Peningkatan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun”. PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Suparlan. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Prambon”. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk. Vol. 16 (1): 22-37.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Muhammad. 2015. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik (PAILKEM). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winarno, Narmoatmojo. 2018. Ekstrakurikuler di Sekolah: Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya. Hal. 14
Zayyadi, Moh, Lili Supardi, dan Septiyadini. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo. Vol. 1 (2): 25.