Implementasi Kebijakan Anti Perundungan (bully) Oleh Konseling Pada Siswa Melalui Layanan Konseling Di SMP Negeri 27 Medan

Authors

  • Abdul Halim Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Alifia Azizah Ilmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Mira Dena Putri Panggabean Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nur Azizah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rizka Aulia Yanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.518

Keywords:

Perundungan, Konseling, Siswa

Abstract

Fenomena perundungan atau bullying yang semakin marak terjadi di lingkungan sekolah. Bullying merupakan perilaku yang merugikan fisik, psikologis, atau sosial, dan seringkali dilakukan oleh satu atau sekelompok siswa terhadap siswa lainnya. Perundungan dapat menyebabkan dampak yang cukup serius pada kesehatan mental dan emosional korban, seperti stres, depresi, bahkan bunuh diri. Selain itu, bullying juga dapat mengganggu proses belajar mengajar di sekolah dan membuat lingkungan belajar menjadi tidak aman dan tidak nyaman. Dalam mengatasi permasalahan ini, konseling dianggap sebagai salah satu solusi yang tepat dan efektif dalam membantu korban perundungan mengatasi trauma dan memperbaiki diri. Selain itu, konseling juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menghormati hak asasi manusia dan menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, implementasi kebijakan anti perundungan antar siswa melalui konseling menjadi suatu upaya yang penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh siswa.

References

Bhakti, C. P., Safitri, N. E., & Dewi, A. C. (2018). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Mengurangi Perundungan Siber di Kalangan Remaja. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/jpk.v2i2.15838

Daulay, N., Aulia, M., Anggraini, S. A., Maila, S., & Tanjung, F. (2023). Implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan bullying. 9(1), 94–103.

Kemdikbud. (2017). Program pengembangan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kholilah, N., & Khusumadewi, A. (2018). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Jurnal BK Unesa, 8(3), 36–44.

Makkatenni, N. H., Bamba, A. T., Sidar, R., Ariqah, N., Psikologi, F., & Makassar, U. N. (2021). Molly Polly : Permainan Berbasis Media Pembelajaran Untuk Mengedukasi Anti Perilaku. Jurnal Psikologi Insight, 5(2), 81–95.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Nuraeni, & Gunawan, S. M. I. (2021). Pemberian Layanan Infomasi Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan Pada Siswa di Sekolah. Lumbung Inovasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 64–68.

Nurdiana Ahmad, Abd. Aziz Muslimin, & Syarifuddin Cn. Sida. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.

Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021). Ponny Retno Astuti, Cara Meredam Bullying (Jakarta: PT. Gramedia Widasarana Indonesia, 2008), 2. 1 78. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(1), 78–88.

richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ). (2021). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 2013–2015.

Salmivalli, C., & Peets, K. (2019). Bullying in schools: The power of bullies and the plight of victims. Annual Review of Psychology, 70, 283-307.

Sancaya, S. A., & Setyaputri, N. Y. (2021). Pengendalian Perilaku Bullying Siswa Melalui Pemanfaatan Media BK dalam Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Seminar Nasional Virtual Konseling Kearifan Nusantara Dan Call For Papers, 2(4), 281–292. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/1383

Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4225

Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. CALYPTRA, 3(1), 1-17

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Abdul Halim, Alifia Azizah Ilmi, Mira Dena Putri Panggabean, Nur Azizah, & Rizka Aulia Yanda. (2023). Implementasi Kebijakan Anti Perundungan (bully) Oleh Konseling Pada Siswa Melalui Layanan Konseling Di SMP Negeri 27 Medan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 207–223. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.518