GERMABUK “GERAKAN MEMBACA BUKU” : Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui Perwujudan Sekolah yang Berkarakter

Authors

  • Yurista Bustomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten
  • Fadli Rahdiat Gunadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.511

Keywords:

Literasi, Karakter, dan Upaya

Abstract

Gerakan membaca buku merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menunjang nilai-nilai literasi dalam pendidikan sekolah yang bekarakter. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai penerapan pendidikan karakter membaca buku yang dimulai dengan fase pembiasaan membaca buku sepuluh sampai lima belas menit sebelum kegiatan belajar mengajar, lalu ada manfaat membaca buku untuk menstimulasi mental siswa dan mengurangi stres serta menambah wawasan ilmu pengetahuan, lalu ada upaya pentingnya meningkatkan kegiatan germabuk dimana upaya ini dikhususkan untuk menumbuhkan minat baca sejak dini. Didalam artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang memfokuskan studinya melalui pengumpulan data menggunakan kajian buku-buku, literatur-literatur di internet sebagai objeknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa germabuk merupakan hal yang sangat krusial dalam upaya meningktkan nilai-nilai literasi pendidikan sehingga bisa menghasilkan siswa siswi yang lebih baik lagi dalam hal literasi.

References

Buku

Solihin, L., Hijriani, I., Raziqiin, K., Zaenuri, M. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jurnal

Isnarmi, Zurahmi Dewi. 2018. Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolan di SMP N 18 Padang. Journal of Civic Education, 1 (4) : 351-352.

Oktarina, Ary. 2018. Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SD N Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2943.

Patiung Dahlia. 2016. Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al-Daulah, 5 (2) : 362-364.

Suyatno, Silvia Nur Priasti. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 7 (2) : 396-397.

Wirawan, Noven Handani. 2018. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota. Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. 3(2): 301.

Undang-Undang

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Penumbuhan Budi Pekerti.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Internet

Ari. 2011. Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah. [tersedia online]. http://blogdetik.com.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Yurista Bustomi, Fadli Rahdiat Gunadi, & Ratna Sari Dewi. (2023). GERMABUK “GERAKAN MEMBACA BUKU” : Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui Perwujudan Sekolah yang Berkarakter. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 196–206. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.511