Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif (Studi Siswa Kelas III SD Negeri Mugarsari Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.510Keywords:
Think Talk Write, Keterampilan Menulis Kalimat Efektif.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis kalimat efektif siswa kelas III SDN Mugarsari yang rendah, dari jumlah 21 siswa hanya 12 siswa yang mencapai KKM dan 9 siswa lainnya kurang dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada siswa kelas III SDN Mugarsari. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa di kelas III SDN Mugarsari dengan jumlah 21 siswa, 11 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Dari hasil penelitian terdapat pratindakan hasil keterampilan menulis kalimat efektif 12 siswa (57,14%) yang tuntas dan 9 siswa (42,86%) tidak tuntas KKM dengan perolehan rata-rata 65,95. Hasil keterampilan menulis kalimat efektif pada siklus I terdapat 13 siswa (61,90%) yang tuntas dan 8 siswa (38,10%) tidak tuntas KKM dengan perolehan rata-rata 66,10. Siklus II terdapat 19 siswa (90,48%) yang tuntas dan 2 siswa (9,52%) tidak tuntas KKM dengan rata-rata 78,23. Dengan demikian terbukti adanya peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write.
References
Amandiri, Tangguh. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Banyumeneng Giriharjo Panggang Gunungkidul. Jurnal S1 Thesis, PGSD.
Anwar, Husnun. (2012). Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, Maimunia Rizqi. (2019). Keefektifan Model Kepala Bernomor Struktur Dengan Media Zig-Zag Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Budinuryanta Y. (2014). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dalman.(2018). Ketrampilan Membaca. Jakarta: PT Rajagrapindo Persada .
Etin Solihatin. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fanny. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SDN Nanggerang 01. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hamdah Munawaroh, Sudiyanto Riyadi. (2018). Teacher’s Perceptins of Innovative Learning Model toward Critical Thinking Ability. International Journal of Educational Methodology, Vol. 4, Issue 3, August 2018, h.154.
Hana, Safitri. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Hidayah, W. (2015). Hubungan antara multiple intelligences dan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas II SD Islam Al Azhar 38 Bantul. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Hidayati, P. P. (2017). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prissma Press Prodaktama.
Heryadi, Dedi. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill.
Hugo, Hartig. (2012). Pengertian dan Fungsi Menulis. http://www.sarjanaku.com/2011/08pengertian-fungsi-menulis.html. diakses tanggal 10 Januari 2023.
Janardhana, Aryananda. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Pada Siswa Kelas III Sdn Sumbersari 1 Kota Malang. Jurnal Basicedu Volime 3 Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 118-124.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Josephine, Abigail Kusumatuti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreatif dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pengantar AP Kelas X AP 3 SMKN 6 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, Vol. 1, No. 1, November 2016, h.18.
Jumanta, Hamdayana. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia,.
Kanisius. (2019). Menulis… Siapa Takut?. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya; Edu Publisher.
Maulina. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN Bungcala Aceh Besar. Pionir Jurnal Pendidikan.
Misra. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Glo Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 1, No. 2, ISSN 2354-614X.
Muchlisoh, dkk. (2015). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: DEPDIKBUD.
Mulyasa. (2015). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhammad Thobroni, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munirah. (2017). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish
Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68-78.
Nurmani dan Maftuh. (2013). Analisis Model-Model Pembelajaran Melalui Konsep. DIY: Multi Presindo.
Padmono. Y. (2012). Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. (online) Tersedia : http//edukasi. kompasiana. com/2012/10/19/kekurangan-kelebihan-manfaat-dan-penerapan ptk. Diakses 2 Desember 2022.
Purwanti, Ratih dkk., (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 2, Juni 2014, h. 163.