Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan

Authors

  • Dian Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Universitas Negeri Surabaya
  • Niken Purwidiani Universitas Negeri Surabaya
  • Andika Kuncoro Widagdo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.507

Keywords:

e-modul, flip pdf profesional, kompetensi dasar sweet bread.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis flip pdf professional yang bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil Pengembangan e-modul berbasis flip pdf KD sweet bread 2) kelayakan bahan ajar dari materi dan media KD menganalisis sweet bread pada e-modul berbasis flip pdf professional ; 2)  Respon peserta didik di SMKN 1 Lamongan terhadap e-modul KD menganalisis sweet bread berbasis Flip Pdf Professional. Metode penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang disederhanakan, tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) analisis 2) Perencanaan 3) Pengembangan 4) Implementasi 5) Evaluasi. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian yang terdiri atas: lembar validasi untuk penilaian kelayakan produk media; dan angket untuk melihat respon peserta didik. Uji coba media dilakukan dengan 30 peserta didik kelas XII 2 Program Keahlian Tata Boga di SMKN 1 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil e-modul bisa digunakan melalui offline maupun online 2) materi dan media e-modul sweet bread berbasis flip pdf professional layak digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori sangat baik yakni rata-rata skor materi 4,9 dan media 4,65; 2) Respon peserta didik terhadap e-modul kompetensi dasar sweet bread berbasis flip pdf professional berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata skor 4,75.

References

Andi, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Digital book Pada Materi Aljabar. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. 9(2).

Anni Faridah, DKK, 2008, Patiseri 1, Penerbit Derektorat Pembinaan Sekolah Kejuruan, Departemen pendidikan Nasional, Jakarta.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryawan, dkk. 2018Pengembanagan e-modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDITECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2)

Azhar, Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Febrianti, F. A. 2022. Pengembangan Digital Book Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2, (2).

Hakim, wedi, dan Praherdhino. 2020. Elektonik Module untuk memfasilitasi siswa belajar materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Tegknologi Pendidikan, 3(3)

Lathifah. 2021. Modul elektonik alternatif bahan ajar guru da peserta didik. Jurnal voctional Teknik Elektronika dan Informatika, 9(3).

Lukitarini, R., Wiryokusumo, I. and Suhari, S., 2020. Pengembangan media vidio gerak tari sparkling Surabaya pada mata pelajaran seni budaya bagi siswa SMP. Edcomtech, 5(1) ,pp.67-75.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional, Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyase. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.

Ningtiyas, T.W., Setyosari, P., Praherdiono, Henry. 2019. Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), pp. 115-120.

Putri, R.S., 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem koloid di sma negeri 2 banda aceh. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Rahmi, L. 2018. Perancangan E.module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK, 21(2).

Salsabela. 2022. Pengembanagan e-Modul Berbasis Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Soup. Jurnal Tata Boga 1(2).

Sugiarti, L., Handayani, D.E. 2017. Pengembangan Media Pokari Pokabu (Popup dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 4 (1), pp. 109-118

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko Eko Putro. 2017. Evaluasi program pembelajaran : Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik , 9th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Dian Kusuma Dewi, Lucia Tri Pangesthi, Niken Purwidiani, & Andika Kuncoro Widagdo. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 162–179. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.507