Evaluasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 6 Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.501Keywords:
Evaluasi, Kompetensi Manajerial, Kepala SekolahAbstract
Penelitian ini mengangkat pembahasan mengenai "Evaluasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 6 Prabumulih”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi kompetensi manajerial kepala sekolah di SMA Negeri 6 Prabumulih dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi evaluasi kompetensi manajerial kepala sekolah di SMA Negeri 6 Prabumulih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Data yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang di gunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, triagulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi kompetensi manajerial kepala sekolah di SMA Negeri 6 Prabumulih telah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai tugas dan tanggung jawab sesuai seorang manajerial berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 17 tahun 2007, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya Evaluasi Kompetensi Manajerial di SMA Negeri 6 Prabumulih yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu sunber daya manusia yang berkompeten, sedangkan faktor yang penghambatnya keterbatasan anggaran dan keterbatasan sumber daya manusia berkompeten.
References
Ambarita, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Julia. (2018). Orientasi Estetik Gaya Pringa Kecapi Indung Dalam Kesenian Tembang Sunda Cainjur di Jawa Barat. Jawa Barat : Upi Sumedang Press.
Machali, A. (2012). Pengelolaan Pendidikan : Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Yogyakarta : Penerbit Pustaka.
Sidiq, M. ( 2018). Model Pengembangan Pembelajaran Menulis Deskriptif. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Suparlan. (2011). Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sukmadinata, S,N. (2011). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Jakarta : Karya Remaja
Saiful, A. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Palembang : Neoer Fikri Offset.
Sugiyono. (2014). Metode Peneitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Silalahi,U. (20020. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung : Sinar Baru.
Syafie, K,I. (2011). Manajemen Pemerintah. Jawa Barat: PT. Rineka Cipta.
Tantowi, J. Unsur-Unsur Menurut Ajaran Al-Quran. Jakarta : Pustaka Al-Husada
Wahjosumijo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinajuan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yahya .(2006). Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Yusuf, M. ( 2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : IAIN Palopo.