Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Palembayan

Authors

  • Eno Wijaya UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Januar Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.491

Keywords:

Metode Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

 Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang bervariasi, metode pembelajaran yang digunakan guru. Banyak peserta didik yang tidak memperhatikan guru dan peserta didik lebih sering melakukan hal-hal diluar aktifitas belajar seperti mengobrol dengan teman sebangkunya, bahkan ada peserta didik yang sampai mengantuk pada saat proses belaja mengajar berlangsung. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui  apakah ada pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK N 1 Palembayan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design, Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Multimedia dan Kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK N 1 Palembayan dengan jumlah Sampel 56 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor sebagai kelas Eksperimen dengan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, kelas X Multimedia sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan Metode Konvensional. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas dengan rumus Kolmogrov Smirnov, dan Uji Homogenitas dengan Uji Fisher dilanjutkan dengan Uji Hipotesis dengan Uji-t Independent. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil hipotesis Uji-t diperoleh Thitung = 2,534876355 dan Ttabel = 2,004879288, maka Thitung  > Ttabel sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X di SMKN N 1 Palembayan.

References

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana, 2014)

Ainun Najib Skripsi: “Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS Al-Kinanah Kota Jambi”, (Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2021)

Hasbullah Skripsi: “Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Learning Terhadap Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang”,(Palembang, UIN Raden Fatah Palembang, 2017)

Muhammad Aship, Skripsi: “Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 8 Jakarta”, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2014)

Muhammad Fathurroman, Model-Model Pembelajaran Inovatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015),

Nur Ainun Lubis dan Hasrul Harahap, pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, (Jurnal Jurnal As-Salam, Vol.1, No. 1, Mei - Agustus 2016)

Octavia Silvi Indriyati, Skripsi: “Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 12 Jakarta”, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019),

Rusman, Model –Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Ed 2 (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), cet-5

Shanti Anggrayani, Skripsi: “Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA N 04 kaur”, (Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2019)

Wina Sanjaya, Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan, (Jakarta: kencana, 2008 )

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Eno Wijaya, Supriadi, Januar, & Supratman Zakir. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Palembayan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 128–142. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.491