Analisis Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Denny Sumargo

Authors

  • Enzari Puspaningtyas Universitas Negeri Medan
  • Ruth Febriyanti Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.489

Keywords:

bahasa gaul, Denny Sumargo, sosiolinguistik, Youtube,

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi pada zaman ini mengalami perkembangan yang pesat. Hal tersebut menyebabkan komunikasi tidak hanya dapat dilakukan secara langsung melalui tatap muka pada suatu waktu, namun dapat dilakukan pada kapan dan dimana saja. Bahasa gaul sebagai varian bahasa, merupakan sebuah pengaruh nyata dari perkembangan teknologi komunikasi tersebut. Penggunaan media sosial yang marak sekarang ini merupakan salah satu dampak timbulnya penggunaan bahasa gaul pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahasa gaul yang terdapat dalam video pada kanal Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitiatif yang datanya bersumber dari video podcast yang berjudul “Kisruh Israel, Politik & Sepak Bola ⁉ (Coach Justin) - Curhat Bang”. Adapun alasan pemilihan video tersebut karena sedang ramai diperbincangkan serta mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 33 bentuk bahasa gaul yang digunakan dalam video tersebut.

References

Aglis Andhita Hatmawan, dan Slamet Riyanto. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen,. Sleman: CV Budi Utama.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/bahasa%20gaul. Diakses pada 26 Maret 2023

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swandy, Eduardus. 2017. “Bahasa Gaul Remaja dalam Media Social Facebook”. Dalam Jurnal: Bastra volume 1 nomor 4, halaman 1-4.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Enzari Puspaningtyas, Ruth Febriyanti Simarmata, & Ika Febriana. (2023). Analisis Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Denny Sumargo . PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 150–161. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.489