KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Sylvi Tri Andani Universitas Negeri Padang
  • Dewi Anggraini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.467

Keywords:

keterampilan, menulis, teks berita

Abstract

Keterampilan menulis dikenal sebagai kegiatan yang amat penting di dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya keterampilan dalam menulis teks berita. Berita sebagai sumber informasi yang sangat penting, diharapkan siswa dapat membedakan mana berita yang benar dan mana berita yang hoaks, terutama pada  era digital saat sekarang ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan siswa dalam menulis teks berita tergolong minim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah sebanyak 22 orang siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 22 orang siswa mempergunakan teknik total sampling. Pengumpulan data-data dilakukan melalui tes unjuk kerja. Berdasarkan pada perolehan dan pengolahan data-data penelitian, didapatkan hasil yaitu tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berada pada rentang 66-75 dalam skala 10 dengan nilai 75,38. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC).

 

 

References

Abdurahman, & Ratna, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang: FBSS Padang.

Anggraini, D., Manaf, N. A., & Syahrul, R. (2019). Kontribusi Pengetahuan Jurnalistik terhadap Keterampilan Menulis Berita Mahasiswa. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 20(1), 56-67.

Arifin, Z. (2012). Model Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Assegaf, D. (1991). Jurnalistik Masa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Elvia, A. (2022). Kemampuan Menulis Teks Berita siswa Kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 173-181.

Ermanto. (2005). Menjadi Wartawan Handal dan Profesional: Panduan Praktis dan Teoretis. Yogyakarta: Cinta Pena.

Ginting, L. S. D. (2020). Jurnalistik: Kemahiran Berbahasa Produktif. Medan: Guepedia.

Ingga, A. P. (2021). Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(4), 7-12.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam menulis teks berita. Jurnal Bahasa dan sastra, 3(4).

Safi’i, I., Rufaidah, I., Anggara, U. E., & Sobri, S. (2021). Instrumen Evaluasi Teks Berita dalam Buku Teks BSE Bahasa Indonesia. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 143-150.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, H. (2011). Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Syafitri, R. A., & Nursaid. (2019). Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 182-187.

Zikra, I. M., & Rasyid, Y. (2020). Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 20-28.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Sylvi Tri Andani, & Dewi Anggraini. (2023). KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 48–58. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.467