Analisis Penggunaan Bahasa Slang Dalam Film “Modus” Karya Fajar Bustomi Dan Adhe Dharmastriya

Authors

  • Jessyca Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Lia Sari Naibaho Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.465

Abstract

Sebagai mahluk sosial, manusia tentu saling membutuhkan. Untuk dapat saling memahami maka setiap manusia harus mampu mengkomunikasikan maksud atau tujuan pembicaraannya melalui bahasa. Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan mitra tutur, tempat tutur, topik tutur, keakraban dan termasuk juga eksistensi penggunaan bahasa. Keakraban dan keintiman antara penutur dan mitra tutur akan mempengaruhi bahasa yang digunakan, ditambah lagi zaman yang semakin modern banyak bahasa yang mudah dipelajarai dan dipahami untuk dijadikan bentuk komunikasi antara penutur dan mitra tutur. Salah satu ragam bahasa yang digunakan saat ini adalah bahasa slang. Slang dapat dikatakan sebagai salah satu ragam bahasa yang digunakan dalam proses berkomunikasi sehari-hari yang maknanya hanya diketahui oleh kelompok masyarakat tertentu. Bahasa slang umumnya digunakan oleh kaum remaja dan muda-mudi. Bahasa slang ini umumnya bersifat arbiter dan berubah sesuai zamannya.  Begitupun dengan penelitian ini, hal yang ingin dikaji ialah berapa banyak bahasa slang yang terdapat dalam film “Modus”. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis dan teknik tematik. Melalui analisis tersebut ditemukan bahwa dalam video terdapat penggunaan bahasa slang baik itu singkatan, pemendekan kata, dan pelesetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 58 wujud bahasa slang dalam film “Modus”.

References

Adati Anenda Putri. (2019). Slang dalam Film Suicide Squad Karya David Ayer. Jurnal Skripsi. Universitas Sam Ratulangi Manado: Fakultas Ilmu Budaya.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fabelia. (2020). Arti, Ciri dan Jenis Bahasa Slang dalam Bahasa Inggris. Retrieved from https://www.fabelia.com/arti-ciri-dan-jenis-bahasa-slang-dalam-bahasainngris.

Fauziah Eka Risky, dkk. (2021). Kajian Sosiolinguistik Terhadap Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Vol 5. No 2.

Husa Shoula Maharani. (2017). Bentuk dan Pemakaian Slang Pada Media Sosial Line (Akun BATAVIA UNDIP). Skripsi. Universitas Diponegoro: Program Studi Sastra Indonesia

Inderasari Elen, dkk. (2020). Variasi Bahasa Slang Dalam Talkshow “Hitam Putih” Trans7 The Use Of Slang Language In Trans7 “Hitam Putih” Talkshow. Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Vol 15. No 1.

Martinus, D. A. (2018). Bentuk, Jenis, dan Makna Kata Slang dalam Majalah HAI Edisi Januari-Juni 2017. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Rosalina Ria, dkk. (2020). Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa.Vol 2. No 1.

Waluyo, E. B. (2011). Makalah Bahasa Gaul. Scribd, 24. Retrieved from https://id.scribd.com/doc/52462393/Makalah-Bahasa-Gaul.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Jessyca Simbolon, & Naibaho, L. S. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Slang Dalam Film “Modus” Karya Fajar Bustomi Dan Adhe Dharmastriya . PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 59–71. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.465