Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Media Infografik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pariaman

Authors

  • Nurul Hany Universitas Negeri Padang
  • Atmazaki Atmazaki Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.462

Keywords:

pengaruh, metode discovery learning, media infografik, menulis teks prosedur

Abstract

Artikel ini ditulis untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran discovery learning berbantuan infografik pada keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Data penelitian ini adalah skor hasil tes menulis teks prosedur tanpa menggunakan metode discovery learning berbantuan infografik dan dengan menggunakan metode discovery learning berbantuan infografik pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga poin sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman tanpa menggunakan metode discovery learning berbantuan infografik berada pada kualifikasi "Lebih dari Cukup" (LdC). Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman menggunakan metode discovery learning berbantuan infografik berada pada kualifikasi "Baik" (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada tingkat signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 - 2 untuk thitung > ttabel (0,671 > 0,182). Dengan kata lain, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman menggunakan metode pembelajaran discovery learning berbantuan infografik lebih baik daripada tanpa menggunakan metode pembelajaran discovery learning melalui infografis.

References

Arviyana, M., Syahrul R., Tressyalina. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 183-191.

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Hersita, dkk. 2020. “Pengembangan Media Infografis Sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD”. Jurnal Pendadidaktika. 7(4). Hlm: 192-198.

Hyun, C. C., Wijayani, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P.B., Igak, W., & Pramono, R. (2020). Implementation of contextual teaching and learning (CTL) to improve the concept and practice of love for faith-learning integration. International Journal of Control and Automation, 13.1:365-383.

Jaya dan Darmayanti. (2022). Model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra pada new normal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 155-167.

Mandasari, C., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 21-28.

Priansa, D. P. (2019). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (edisi ke 2). Bandung: Pustaka Setia.

Rizawati. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (Communication Skill) dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Infografik. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. 2(1). Hlm: 55-62.

Subarna, dkk. (2021). Buku Panduan Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2022). Menulis Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Nurul Hany, & Atmazaki Atmazaki. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Media Infografik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pariaman. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 39–47. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.462