PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Dini Sholeha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Mupida Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Rifa'i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nanjah Fachira Ayundari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lia Sumayyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.432

Keywords:

Kepala Sekolah, Supervisi, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni penelitian yang mencoba mengeksplorasi data-data  dilapanagan dan menganalisis data melalui proses redukasi data, penyajiandata dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, supervisi akademik yang di lakukan oeh kepala madrasah melalui perencanaan pembelajaran, meliputi pembinaan dalam membuat rencana pembelajaran guna mengetahui tujuan pembelajaran, pengarahan dalam pemilihan metode pembelajaran, menyusun materi dan penggunaan sumber yang akan pergunakan, membuat rancangan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi di al Washliyah Galang Penggalangan akan bahwa kepala madrasah pada peningkatan profesionalitas guru melakukan bimbingan pada perencanaan pembelajaran, kepala madrasah selalu mengecek dan melihat secara langsung administrasi perangkat pembelajaran yang dibuat masing-masing guru. Pada peningkatan profesionalitas guru  akan berkaitan dengan kemampuan kompetensi profesional guru dalam mengkondisikan keadaan kelas jika terjadi masalah. Ketercapaian jam pertemuan mengajar guru dalam satu kali pertemuan dan cara menutupi kekurangan jam. Kegiatan belajar mengajar yang di terapkan di Al Washliyah Galang Penggalangan menggambarkan secara umum kemampuan guru dalam mengelolah kelas, menyelesaikan administrasi pembelajaran, mempersiapkan soal dan memberikan nilai kepada siswa. Kompetensi yang dimiliki guru mampu memberikan gerakan perubahan kepada siswa. Fungsi pengawas yang melakukan tugas supervise akademik pembelajaran akan jelas nampak pada saat guru mendemontrasikan perangkat.

 

References

Flores, Y. (2011). No Titlep. Phys. Rev. E, 24. http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Mu�oz_Zapata_Adriana_Patricia_Art�culo_2011.pdf

Lestari, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. 4, 1349–1358.

Maralih. (2014). Peranan supervisi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Qathruna, 1(1), 182. http://103.20.188.221/index.php/qathruna/article/view/251

Suparliadi, S. (2021). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 187–192. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2571

Turmidzi, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1), 33–49. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Dini Sholeha, Nurul Mupida Lubis, Ahmad Rifa’i, Nanjah Fachira Ayundari, Lia Sumayyah, & Inom Nasution. (2023). PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 29–38. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.432