Pemikiran Konsep Kurikulum Dua Tokoh Negara Yang Berbeda
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.360Keywords:
Kurikulum, Mendiknas, RancanganAbstract
Standar isi dan standar kompetensi lulusan yang telah disusun oleh BSNP ditekankan oleh Mendiknas sebagai acuan guru untuk mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan sekolah. Kurikulum yang berlaku tetap berbasis kompetensi sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya.Kurikulum dalam pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara, mulai dari ranah konsep hingga aplikasi atau praktik di lapangan. Karena mempunyai peran sebagai perencanaan dan pengaturan mengenai isi dan bahan ajar untuk penyelenggaraan pendidikan yang baik.Kurikulum 1947 sampai dengan kurikulum kemerdekaan di Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sebanyak 11 kurikulum di Indonesia dikembangkan pada tahun 1947, 1952, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013 dan kemerdekaan yang masih digunakan sampai sekarang.
References
Zainuri, Ahmad, 2018, Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan, Palembang: CV Amanah.
S. Nasution, 2003, Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Ansyar, Muhammad, 2015 Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan, Jakarta: Kencana
Arifin, Zainal 2011, Konsep dan Model pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara
Mudlofir, Ali, 2012, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2021, Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam, Vol 1, no 2
Junedi, J., Suprihatin, S., & Mukh Nursikin. (2022). INOVASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2021. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.376
Mirani, A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Toleransi Beragama SMPN 02 Sumowono. Rihlah Review: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1-9. Retrieved from https://journal.stitaf.ac.id/index.php/Rihlah/article/view/352
Junedi, Nisa, F., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 1(1), 43–50. https://doi.org/10.55927/ajae.v1i1.1415
Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643
Junedi, J., & Wahidin, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa. CENDEKIA, 14(01), 54-65. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.246
Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.
Junedi, J., Afifah, N., & Nursikin, M. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Hafalan Hadits Beserta Artinya di TKIT Miftahul Jannah Salatiga. YASIN, 2(5), 643-659. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.548