Analisis Keefektifan Kalimat pada Artikel dalam Blog Futureskills Edisi November 2024 sebagai Sumber Bacaan bagi Mahasiswa

Authors

  • Zacki Mahendra Universitas Negeri Semarang
  • Nabilla Pramita Sari Universitas Negeri Semarang
  • Rijal Muttaqin Universitas Negeri Semarang
  • Dito Yus Dermawan Universitas Negeri Semarang
  • Rochpriyati Rochpriyati Universitas Negeri Semarang
  • Dwika Tiofahma Ashari Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Tri Astuti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i3.3269

Keywords:

educational articles, effective sentences, Futureskills, language errors, linguistic analysis

Abstract

This research is based on the importance of using effective sentences in educational articles as reading sources for students. Futureskills blog, a widely accessed digital literacy platform, contains articles that need to be evaluated for their linguistic quality, especially in the aspect of sentence effectiveness. The purpose of this research is to analyze sentence effectiveness in Futureskills articles from the November 2024 edition and identify the most dominant types of errors. This research applies a descriptive qualitative approach using observation and note-taking techniques, along with distributional analysis methods. The results show that out of eight analyzed articles, 165 sentences were ineffective, while only 85 sentences were categorized as effective. The most mistakes lie in the inaccuracy of word choice, the use of foreign languages, and word excess. This research provides practical benefits for writers of educational articles in improving language skills, as well as for students as a guide to choosing quality reading. It is hoped that the results of this analysis will also become a reference in preparing scientific articles that are more communicative and effective.

References

Af'idatussofa, H., et al. (2024). Analisis kesalahan berbahasa teks editorial pada modul ajar Bahasa Indonesia karya Foy Ario, M. Pd. sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis siswa kelas XII peneliti atau pengajar bahasa. Perspektif, 2(4), 59-81. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1660

Ahammi, F., Ibrani, M. A., Cahyaningrum, R. A. Y. C., Bintang, A., Juniar, A. D., Yudi Utomo, A. P., Neina, Q. A., & Maharani, A. T. (2025). Analisis tindak tutur representatif dalam video bertema "Sumber Energi Kelas 10 Kurikulum Merdeka" pada channel YouTube Pura-pura Tau Fisika. Nian Tana Sikka: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 205-243. https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v3i1.719

Anindhita, Y., Noviana, I., D., Qoriah, A., Safitri, D., & Yudi Utomo, A. P. (2022). Analisis kesalahan berbahasa sintaksis pada novel "Perempuan di Titik Nol." Jurnal Mediasi, 1(2).

Astuti, D., Utami, D., & Pramesti, D. (2019). Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Panjang. https://doi.org/10.24036/107462-019883

Ayuningdyas, A., Pujiatmoko, L., Ningrum, M. W., Farell, M., Saputra, R. Z., Widiyanto, T., Purwo, A., Utomo, Y., Kurnianto, H., & Riyanto, A. (2025). Analisis tindak tutur representatif dalam unggahan video edukasi sains pada saluran media sosial YouTube Fajrul Fx. Student Research Journal, 301-333. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v3i1.1775

Bertha, N. (2021). Sintaksis pada artikel yang dimuat di media online. KODE: Jurnal Bahasa, 10.

Darmayanti, I. A. M., Gotama, P. A. P., & Kami, K. (2024). Analisis penggunaan kalimat efektif dalam teks berita: Kajian tata bahasa taksonomi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1), 62-72.

Fatimah, D., & Maharlika, F. (2015). Analisis penerapan gaya desain dan eksplorasi bentuk yang digunakan mahasiswa pada mata kuliah desain mebel I fakultas desain Unikom. Majalah Ilmiah UNIKOM, 12(2), 169-186. https://doi.org/10.34010/miu.v12i2.21

Febiola, T., Ryan, A., Herlina, P., Mahardika, R. N., Mumtaz, N. A., Purwo, A., Utomo, Y., Neina, Q. A., Pendidikan Bahasa, P., Indonesia, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2023). Identifikasi jenis kalimat dalam teks prosa pada buku Bahasa Indonesia tingkat lanjut cakap berbahasa dan bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 65-82. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.501

Feti, O., Sukma, M., Iskandar, D., Ridwan, I., Mahasiswa, Dosen, & Pbi, P. (2023a). Analisis keefektifan kalimat dalam majalah Warta USK. 4(2), 263-273. https://doi.org/10.29103/jk.v4i2.14823

Feti, O., Sukma, M., Iskandar, D., Ridwan, I., Mahasiswa, Dosen, & Pbi, P. (2023b). Analisis keefektifan kalimat dalam majalah Warta USK. 4(2). https://doi.org/10.29103/jk.v4i2.14823

Fitriana, M. A., et al. (2023). Analisis kalimat efektif dalam teks pidato pada buku Bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 97-110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3.149

Fitrianingsih, N. (2020). Kesusaian kalimat dan gambar dalam buku aktivitas anak usia dini dengan kemampuan bahasa anak usia dini. Skripsi Program Studi, 19.

Hamzah, R. A., & Nurfitriana, S. (2025). Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (Sintaksis dan Semantik) sebagai kaidah Bahasa Indonesia serta analisis kesalahan berbahasa Indonesia di sekolah dasar masih menghadapi sejumlah tantangan. Jurnal Bima, 3, 151-163. https://doi.org/10.61132/bima.v3i2.1723

Hanum, D. (2019). Analisis ketidakefektifan kalimat pada teks dalam buku paket Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Hastuti, T. M., Ningrum, A. A., Viani, T. R., Chairunnisa, S. Y., Asyam, M. S., Purwo, A., & Utomo, Y. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada cerpen yang berjudul Badai yang Reda dan Hutan Merah karya Fauzia sebagai kelayakan bahan ajar membaca intensif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.161

Hidayat, R., Queena, N., & Putri, H. (2022). Analisis kalimat efektif pada kalimat kritik mahasiswa program studi arsitektur. LGRM, 11(3). https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7276

Iriany, R., & Tenriana, N. (2021). Analisis kesalahan penyusunan kalimat efektif dalam karangan deskriptif pada siswa kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. EduMaspul, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2049

Khoirul, M. A., Syarif, A., Yuli Astuti, R. H., & Dewi, N. R. (2023). Implementasi teori perkembangan mental Piaget pada hukum kekekalan bilangan terhadap anak usia 5-9 tahun. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 396-401.

Listika, M., Susetyo, & Yanti, N. (2019). Penggunaan kalimat efektif pada artikel Open Journal System (OJS) korpus. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 183-189. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008 http://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8 http://dx.doi.org/10.1038/nature08473 http://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007 http://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008

Maissy, M. F., Fatmasari, D., Hastutik, A., Asmaning Trias, E. S. S., Yudi Utomo, A., & Fathurohman, I. (2023). Analisis kalimat efektif dalam teks pidato pada buku Bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 97-110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3.149

Mandia, I. N. (2014). Interferensi bahasa asing dalam jurnal logic Politeknik Negeri Bali I Nyoman Mandia. JULI, 4(2).

Mandia, I. N. (2014). Interferensi bahasa asing dalam jurnal logic Politeknik Negeri Bali I Nyoman Mandia. JULI, 4(2), 77.

Mastuti, D. L. (2016). Kemampuan menulis kalimat efektif terhadap azas belajar motivasi siswa kelas X SMK Tamansiswa Suka Damai. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1).

Musthofa, D., Purwo, A., & Utomo, Y. (2020). Metamorfosis kesantunan berbahasa Indonesia dalam tindak tutur ilokusi pada acara ROSI (Corona, media, dan kepanikan publik). https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i1.543

Nariswari, A. et al. (2024). Analisis kalimat efektif pada teks opini dalam laman "Harian Jogja" edisi Agustus 2023 sebagai bacaan edukasi. Jurnal Bintang Pendidikan Bahasa, 2(4). https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i4.1024

Nariswari, A. N., Trisnawati, D., Revalina, E., Akasyah, H. A., Ismiati, N., Yudi Utomo, A. P., & Habibi, A. F. (2024). Analisis kalimat efektif pada teks opini dalam laman "Harian Jogja" edisi Agustus 2023 sebagai bacaan edukasi. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 202-218. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i4.1024

Nasution, D. A., Dwi, N., Sagala, P., Alfarezi, M., Gaol, L., Fikri, R. A., & Matematika, P. (2025). Analisis kejelasan dan efektivitas kalimat serta kesesuaian dengan kaidah bahasa situs berita terkenal.

Puspitasari, R., Dewi, E. M., Putri, T. E., & Asadiva, P. (2023). Analisis kesalahan berbahasa pada teks editorial dalam modul ajar Bahasa Indonesia kelas XII SMA Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 384-396. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.361

Ramdhani, M. F., Al-Ma'ruf, S., & Anam, A. T. (2023). Mempelajari kalimat-kalimat efektif kesepadanan dan kesatuan.

Rizqi, F. F., Ni, F., Alifiyah, H. S. R., Arissandi, D. Z., Aprilia, H. S., Rumilah, S., & Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, U. (2024). Tindak tutur representatif pada podcast "Yakin Doamu Didengar Tuhan?" di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Setiya, A. B., Faradillah, N. T., Sabrina, N. I., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis kesalahan sintaksis pada cerpen berjudul "Warisan untuk Doni" karya Putu Ayub. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 88-101. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.120

Setiyani, A. F., Putra, A. I. P., Aprilia, C., Lestari, N. P. D., Ningrum, S. C., Yudi Utomo, A. P., & Darmawan, R. I. (2024). Analisis keefektifan kalimat pada teks berita artikel CNN Indonesia mengenai Pemilu edisi Februari 2024 sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis siswa kelas IX SMP. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 265-287. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1077

Sholeha, N. A., & Herdiana, H. (2022). Kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas VIII SMPN 13 Tasikmalaya dengan menggunakan model Corder. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 167. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7638

Stikes, D., Dharma, W., & Tangerang, H. (2022). Implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Wahyu Sobirin. Jurnal Sasindo Unpam, 10(1).

Sudarja, K. (2024). Analisis kalimat tidak efektif pada teks karangan argumentasi mahasiswa teologi di Jakarta. Journal of Education Research, 5(1), 858-874. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.914

Sukma, M., Iskandar, D. (2023). Analisis keefektifan kalimat dalam majalah Warta USK. Kande, 4(2), 263-273. https://doi.org/10.29103/jk.v4i2.14823

Trismanto. (2016). Majalah Bangun Rekaprima kalimat efektif dalam berkomunikasi. Trismanto, 1). https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v2i1.708

Utomo, A. P. Y., Fahmy, Z., Indramayu, A., Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, A., & Bahasa dan Seni, F. (2019). Kesalahan bahasa pada manuskrip artikel mahasiswa di Jurnal Sastra Indonesia.

Velia, D., & S. (2023). Bentuk ketidakefektifan kalimat dalam buku ajar Bahasa Indonesia kelas 7 tahun 2023 Tim MGMP Kabupaten Magetan. BAPALA, 11(1).

Widianto, N. A., Putri, R. A., Juniar, A. D., Utami, R. P., Fathurohman, A., Yudi Utomo, A., & Muslikah, M. (2024). Tingkat keterbacaan dan keefektifan kalimat pada teks narasi sebagai bahan ajar membaca pemahaman di buku narasi literasi Bahasa Indonesia kelas IX terbitan Direktorat Pendidikan. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 141-161. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1080

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Zacki Mahendra, Nabilla Pramita Sari, Rijal Muttaqin, Dito Yus Dermawan, Rochpriyati Rochpriyati, Dwika Tiofahma Ashari, … Tri Astuti. (2025). Analisis Keefektifan Kalimat pada Artikel dalam Blog Futureskills Edisi November 2024 sebagai Sumber Bacaan bagi Mahasiswa. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 5(3), 130–154. https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i3.3269